Aki Massiv Amal: “Orang Pintar Roda Amal Berputar”

AFTERMARKETPLUS.id – Kreatifitas memang dibutuhkan dalam strategi pemasaran suatu produk.

Memudahkan masyarakat memahami apa yang ingin disampaikan produk tersebut. Ini dilakukan oleh PT Wacana Prima Sentosa, produsen aki Massiv di Indonesia, yang melakukan salah satu strategi pemasaran dengan memperkenalkan aki Massiv Amal.

“Kenapa kami namakan Massiv Amal? Karena dari setiap pembelian satu buah aki Massiv Amal, konsumen telah melakukan amal, donasi Rp5000 demi mendukung gerakan sosial di bidang pendidikan,” ungkap Satriawan Agung Prabowo, Corporate Public Relation Officer PT Wacana Prima Sentosa.

Gerakan sosial tersebut mengusung tagline ‘Berbagi Ilmu’, dan sebagai proyek percontohannya dilakukan di penghujung tahun lalu.

Berbagai ilmu terapan seperti pengetahuan tentang aki, hingga pengetahuan sederhana tentang dunia komputer plus alat peraga, diperkenalkan kepada siswa-siswi SD di daerah Cikeruh, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pihak aki Massiv pun secara transparan memberikan laporan keuangan setiap bulan melalui media sosial, terkait program donasi berbagi ilmu di dunia pendidikan tersebut.

“Jadi berapa dana yang berhasil kami kumpulkan melalui penyisihan dana hasil penjualan aki Massiv Amal, kami jabarkan di media sosial, seperti di Instagram kami,” tuturnya.

Hasilnya dikatakan Tumenggung mencapai sekitar belasan juta rupiah.

“Namun kebutuhan dana dari gerakan sosial yang kami lakukan jauh lebih besar dari itu. Sisanya ya kami tambahkan dari dana Corporate Social Responbility (CSR) perusahaan,” jelasnya.

Tetapi menurut Tumenggung itu tidak masalah bagi Massiv. Terbukti dalam waktu dekat, sekitar tanggal 31 Maret 2018, aki Massiv Amal akan kembali mendonasikan dana yang diperoleh lewat penjualannya, ke salah satu sekolah dasar di wilayah Jonggol, Jawa Barat.

Sebagai gambaran, aki Massiv yang mengklaim sebagai produk aki nasional, dengan pabriknya di Cilincing, Jakarta Utara, sebenarnya merupakan grup dari aki Yuasa dan G-Force.

Pertimbangan memproduksi aki Massiv kala itu adalah untuk menangkal maraknya peredaran aki palsu dan aki rekondisi yang menghantam Yuasa dan G-Force.

Seiring waktu berjalan, animo masyarakat terhadap kehadiran aki Massiv semakin meningkat.

Karena itu PT Wacana Prima Sentosa mulai membuka diri. Salah satunya dengan melakukan soft launch aki Massiv Amal, kemudian melakukan strategi pemasaran dengan mengkampanyekan gerakan sosial ‘Berbagi Ilmu’.

“Kami juga membuat tagline lain, salah satunya ‘Orang Pintar, Roda Amal Berputar’,” imbuhnya.

Hmm, strategi yang cukup cerdas nampaknya.

[OBK]

About pekik udi irianto 927 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present