BUSI ASAL REPUBLIK CEKO RESMI DIJUAL DI INDONESIA

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Brisk Spark Plug telah menjalankan bisnis pembuatan busi sejak 1935 di kota Tábor, Czech Republic (Republik Ceko) Eropa Tengah.

Berbekal pengalaman panjang, maka lini produk busi Brisk berkembang. Bukan hanya buat mobil dan motor, namun juga yacht dan pesawat terbang.

Sebagai Agen Pemegang Merek (APM) busi Brisk yang beredar di Tanah Air, PT Briskbusi Indonesia berkomitmen menyediakan busi Brisk dengan kualitas terbaik dan orisinal. Beberapa distributor pun ditunjuk untuk menjamin pemerataan distribusi busi Brisk di seluruh kawasan Indonesia.

BRISK 2Vinci Tan, selaku Brisk Spark Plug Asia Representative mengatakan Indonesia adalah pasar otomotif yang amat besar di kawasan Asia Tenggara. Angka penjualan mobil selalu mengalami kenaikan, yang dibarengi kebutuhan parts berkualitas tinggi.

“Berpengalaman lebih dari 80 tahun, kami yakin busi Brisk akan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Terutama untuk yang mau meningkatan performa mobil kesayangannya,” ucap Tan.

“Kami terapkan inovasi dan teknologi terkini untuk semua produk busi Brisk. Busi Brisk juga sudah menjadi OEM parts beberapa pabrikan mobil. Salah satunya Lamborghini, yang secara eksklusif meminta Brisk men-develop busi yang cocok buat mesin-mesin super kencang pada line up Super Car mereka,” urai Michal Buric dari Head Quarter Brisk Spark Plug Republik Ceko.

Busi Brisk memiliki performa tinggi dan keunggulan komparatif yang tak dimiliki kompetitor. Salah satunya kandungan silver, yang membuat daya konduksinya sangat cepat berkisar 66 ms/m. Membuat percikan api busi Brisk menyala konsisten, membuat pembakaran mesin jadi lebih baik. Selain itu, kandungan silver juga membuat pelepasan panas menjadi lebih cepat.

Keunggulan lainnya, desain kepala ‘half gap’ dan ‘open gap’ menjadi ciri khas busi Brisk. Sehingga percikan api menjadi lebih besar dan terukur. Bahkan pada busi Brisk model ‘open gap’ pengapiannya berputar 360 derajat.

“Di sirkuit Taiwan motor Yamaha R3 yang pecahkan rekor motor tercepat sepanjang masa menggunakan busi Brisk. Kami juga mensponsori balap di Malaysia, Taiwan, China serta Indonesia,” sebutnya.

Saat ini ada 5 (lima) jenis busi Brisk yang dipasarkan PT Briskbusi Indonesia. Yakni Copper Racing; busi Brisk paling standar untuk pemakaian harian. Keunggulannya ‘open gap’ untuk optimalisasi pengapian. PT Briskbusi Indonesia berani mengklaim tipe ini kemampuan dan performanya di atas busi Iridium.

Selanjutnya Silver Racing; bertipe ‘half gap’. Elektrodanya mengandung silver, dan bisa dipakai mobil standar harian sampai mobil ber-turbocharger. Lalu Lamborghini Spark; model ‘open gap’ berteknologi pengapian berputar 360 derajat.

Cocok untuk pemakaian mesin dengan putaran tinggi. Kemudian ZS/ZC; busi fenomenal dengan teknologi 3 (tiga) layer pengapian dalam satu busi. Busi ini yang selalu mengantarkan pemecahan rekor dan kompetisi motor dan mobil.

Terakhir adalah Premium EVO; busi ini bisa memproduksi multiple spark, dengan tipe ‘open gap’ yang besar. Desainnya pengembangan Lamborghini Spark, dan bisa dipakai pada semua mobil, dari city car sampai race car.

Busi Brisk dijual dengan rentang harga Rp40 ribu – Rp 400 ribu/pieces. Bisa diperoleh dan dipesan di beberapa dealer resmi Qmax Army Indonesia, PT Maju Gemilang Persada, Positive Prosport, PT Axelera Moto Indonesia, dan Felix Motor Sport. [OBK]

About pekik udi irianto 944 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present