Ecstar Resmi Gantikan SGO Sebagai Pelumas Mobil Suzuki, Ini Spesifikasinya

AFTERMARKETPLUS.id – Suzuki Indonesia resmi meluncurkan produk pelumas terbaru dengan nama Ecstar, nama yang biasa kita kenal di ajang balap motor dunia di tim MotoGP Suzuki, kehadiran pelumas Ecstar akan menggantikan merek pelumas sebelumnya yakni Suzuki Genuine Oil (SGO) karena Ecstar sendiri diklaim bertaraf international yang sudah disesuaikan dengan produk Suzuki.

Pelumas Ecstar di pasar Indonesia yang akan menggantikan label SGO.

“Saat ini SGO sendiri sudah di tes dan disetujui oleh Suzuki Motor Corporation yang bisa berganti label Ecstar karena SGO akan berubah menjadi Ecstar, yang menandakan untuk pelumas Ecstar sudah memenuhi standar international yang digunakann Suzuki di dunia,” ujar Ignatius Ratrianto, Spare Part Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM).

Kendatinya pelumas Suzuki Ecstar masih karya produsen pelumas di Indonesia dengan kualitas yang sudah disesuaikan oleh Suzuki dan dikembangkan khusus serta diuji oleh R&D Suzuki.

Ignatius Ratrianto menambahkan pelumas yang sudah direkomendasikan oleh Suzuki yang paling cocok untuk mesin Suzuki karena telah lulus uji tim R&D Suzuki.

Pelumas Ecstar untuk mobil sebaiknya untuk mobil Suzuki Ertiga buatan 2012, sedangkan untuk tahun 2012 kebawah masih menggunakan SGO. Tetapi akhir tahun ini SGO akan digantikan dengan Ecstar karena pelumas baru Suzuki merupakan jenis pelumas full sintetis.

Suzuki Ecstar tersedia dalam dua pilihan pelumas mesin yakni 0W-20 SN (F 9000 full sintetis) dan 5W-30 SN/GF-5. Kemudian untuk harga Ecstar OW-20 SN dibanderol Rp 95 ribu perliter.

Ecstar sendiri sudah diakui oleh API (American Petroleum Standard) dengan tingkat tertinggi SN (API-SN). Oli Ecstar 0W-20 SN optimal untuk model All New Ertiga, Ertiga type 2, S-Cross, Jimny, Ignis, Karimun Wagon R, Swift Sport dan All New Swift. Sedangkan 5W-30 SN/GF-5 optimalkan untuk Ertiga dan Carry.

Kemudian untuk Ecstar 0W-20 SN sudah diklaim menggunaka base oil high grade dengan tampilan lebih bersih dan mempunyai residu karbon sedikit, yang menyebabkan membatu penghematan bahan bakar, perlindungan, menjaga kebersihan mesin dan mendapatkan performa mesin.

Pelumas Ecstar juga memiliki kandungan Molybdenum yang artinya mempunyai kandungan yang berfungsi sebagai friction modifier membentuk lapisan diatas permukaan metal dalam mesin, dapat mengurangi gesekan agar kinerja mesin lebih optimal dan membantu penghematan bahan bakar.

“Nama Ecstar dikenal di ajang MotoGP bersama Tim Suzuki yang sudah dikenal secara global. Hadirnya Ecstar di Indonesia untuk para pengguna mobil Suzuki di Indonesia. Kehadiran Ecstar diharapkan bisa memberikan The Ultimate Performance untuk seluruh konsumen otomotif dan menjadi bukti nyata komitmen Suzuki terus memberikan produk serta layanan terbaik di Indonesia,” ujar Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS saat peluncuran pekan lalu.

[Angga Marsanto]