Hankook Tire Indonesia Akan Menjadi Ban OEM Hyundai Indonesia

AFTERMARKETPLUS.id – PT Hankook Tire Indonesia akan menjadi ban mobil resmi Hyundai Indonesia. Sebelumnya Hyundai Indonesia telah berkomitmen berinvestasi di Indonesia sebesar Rp 12 triliun untuk pembangunan pabrik di wilayah Cikarang pada 2021.

“Sampai saat in hubungan Hankook Indonesia dengan Korea semakin baik, setelah Hyundai Indonesia akan membangun pabrik di Indonesia pada 2021,” terang Apriyanto Yuwono, National Sales Manager Domestic Hankook Tires Indonesia.

Apriyanto Yuwono mengatakan sebelumnya Hankook Tire Indonesia dan Hyundai Indonesia sudah bertemu. Hankook sendiri menguasai pangsa pasar 60% di Korea, kemungkinan besar kemitraan akan terjalin dengan baik.

Hanya untuk diketahui, Hankook sudah memasok OEM ke beberapa merek mobil seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Toyota Sienta.

Sampai saat ini penjualan Hankook lewat OEM masih kecil, yang menjadikan Hankook menadah penjualan dari penjualan aftermarket.

Hankook Tire Indonesia bukan hanya menjadi ban OEM resmi Hyundai, karena Hankook sendiri sudah melakukan lima stage investasi di Indonesia sejak 2013, dengan total investasi sebesar US$ 1,1 miliar.

Sejak investasi 2013 sampai saat ini Hankook Tire Indonesia baru merealisasikan dua stage investasi, dengan target di tahun ini menyelesaikan stage ketiga, karena keadaan ekonomi yang masih lesu, rencana ini tidak jadi terealisasi.

“Semua belum bisa dipastikan, bisa jadi di tahun depan investasi tahap ketiga bisa berjalan. Sampai saat ini Hankook Tire Indonesia belum bisa menginformasikan akan meluncurkan jenis ban apa untuk kedepannya,” tutup Apriyanto Yuwono.

[Angga Marsanto]