Honda Siap Pasarkan Perangkat Honda Walking Assist Device

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Honda mengumumkan perangkat Honda Walking Assist Device (HWAD) telah memperoleh pre-market notifications dari lembaga US Food and Drug Administration (FDA), 10 Januari 2019 di Ohio, Amerika Serikat.

Lisensi tersebut merupakan persyaratan untuk pendistribusian alat-alat medis di Amerika Serikat, meskipun saat ini Honda belum mengumumkan rencana aktual untuk penjualan alat bantu jalan tersebut.

Honda Walking Assist Device merupakan perangkat robotik yang berfungsi membantu setiap individu yang masih memiliki kemampuan untuk berjalan, namun memiliki keterbatasan karena disebabkan beberapa hal, di antaranya penyakit stroke.

Perangkat HWAD dipakaikan secara melingkar di pinggang dan betis penggunanya, untuk mendukung pola jalan kaki yang lebih simetris dan efisien sehingga pengguna dapat berjalan kaki dengan lebih cepat dan lebih jauh.

Perangkat HWAD telah terbukti mendukung penyembuhan pada neuromuscular, dengan pengawasan dan pelatihan dari ahli kesehatan.

“Honda R&D memiliki tujuan untuk menciptakan teknologi yang memudahkan kehidupan manusia, dan dengan diterimanya lisensi dari FDA merupakan salah satu pencapaian bagi kami. Kedepannya, kami akan terus menciptakan beragam produk yang dapat membantu mobilitas lebih banyak orang,” ungkap Frank Paluch, President Honda R&D Amerika.

Perangkat Honda Walking Assist Device bekerja dengan mendeteksi posisi sendi pinggul saat berjalan, dengan sensor yang terletak di sisi kiri dan kanan.

Alat ini memandu pergerakan anggota tubuh bagian bawah dengan menciptakan dorongan pada bagian kaki.

Perangkat HWAD dapat mendeteksi tingkat keseimbangan antara kaki kiri dan kaki kanan, gerakan pada pinggul, kecepatan berjalan dan paramater lainnya, serta menggabungkan seluruh hasil tersebut dalam pengukuran historikal sehingga pola perkembangan pengguna dapat dianalisa menggunakan komputer.

Dr. Arun Jayaraman, PT, PhD, peneliti di Shirley Ryan AbilityLab mengatakan, “Alat ini terbukti mampu mendorong perkembangan pasien menjadi lebih cepat, baik dari lebar langkah kaki, kecepatan berjalan, keseimbangan saat berjalan, dan lainnya. Honda Walking Assist Device memberikan banyak manfaat dan kesempatan untuk berkembang lebih baik.”

[GLG]

About Gilang Budiman 302 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website