Mau Performa Mesin Mobil Kembali Optimal? Anda bisa Aplikasi Produk Carbon Cleaning Indonesia

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Memiliki mobil bisa dikatakan layaknya menanam sebuah investasi jangka panjang. Apalagi saat ini mobil menjadi salah satu kebutuhan bagi keluarga modern, terlebih yang memiliki aktivitas luar biasa di kota-kota besar. Agar investasi selalu tampil prima, maka perawatan mobil menjadi hal yang penting untuk mendukung beragam aktivitas Anda sehari-hari.

Merawat kendaraan tak hanya melakukan servis berkala saja, namun menjaga ruang bakar pada mesin agar senantiasa tetap bersih tidak kalah pentingnya. Pasalnya, ruang bakar kerap dihinggapi kerak karbon hasil sisa pembakaran.

Pada dasarnya, kerak ini terbentuk lantaran pemakaian kendaraan setiap hari, kondisi stop and go, termasuk kualitas bahan bakar yang digunakan kurang baik sehingga mengakibatkan pembakaran tidak sempurna.

Ruang pembakaran yang kotor dan kerak karbon yang menumpuk bisa mempengaruhi kinerja mesin. Efek negatifnya, performa mesin jadi tidak optimal, konsumsi bahan bakar menjadi boros, asap knalpot mengebul, suara mesin kasar dan mengelitik atau kerap disebut knocking.

“Itulah sebabnya Carbon Clean Indonesia hadir di Tanah Air guna membantu para pemilik kendaraan agar dapat merawat dan membersihkan ruang pembakaran pada mobil Anda. Carbon Clean Indonesia merupakan alat carbon cleaning yang berbasis hydrogen cleaning pertama di Indonesia,” buka Gandhi, selaku perwakilan dari Carbon Clean Indonesia.

Gandhi menambahkan bahwa produk carbon cleaning ini merupakan kolaborasi Carbon Cleaning USA, dimana semua alat dikembangkan di Prancis dan telah memenuhi sertifikasi. Produk ini telah dipercaya berbagai negara di dunia, seperti Eropa, Asia Tenggara, hingga Australia.

Melalui alat ini, treatment membersihkan ruang bakar bisa diaplikasi mesin bensin dan diesel. Metode yang digunakan Hydrogen based cleaning yang memiliki karakter reaktivitas tinggi dan tingkat pembakaran 5x lebih besar dari bahan bakar. Selain itu, kotoran karbon yang ada pada EGR valve, turbo, catalytic converter hingga sistem pembuangan knalpot dapat dibersihkan.

Menariknya, proses cleaning tanpa membongkar bagian mesin, hanya memakan waktu sekitar 60 – 90 menit saja, tergantung besarnya kapasitas mesin mobil. Mekanisme yang dilakukan terdiri beberapa langkah, seperti masukkan selang output dari gas hydrogen dan cairan khusus ke saluran intake, sambungkan kabel supply ke accu, aktifkan mesin dan set timer untuk melakukan proses cleaning.

“Setelah proses cleaning selesai, untuk hasil maksimal kami merekomendasi untuk menjalankan kendaraan pada gigi rendah putaran mesin di atas 3.000 rpm selama 25-30 menit untuk menghilangkan sisa-sisa karbon terakhir yang menempel pada knalpot,” terang Gandhi kembali.

Proses treatment carbon cleaning sebaiknya dilakukan setiap jarak tempuh 15.000 km atau minimal sekali dalam setahun. Tujuannya, agar performa mesin Anda tetap optimal dan efisiensi konsumsi bahan bakar pun tetap terjaga.

Bicara soal harga normal treatment ini, mesin 4-silinder dihargai Rp 950 ribu dan mesin 6 silinder Rp 1,4 juta. Jangan khawatir, Carbon Cleaning Indonesia hadirkan paket promo spesial, untuk mesin 4-silinder menjadi Rp 650 ribu dan Rp 1,1 juta untuk mesin 6 silinder, promo berlaku hingga 31 Juli 2018. Untuk komunitas atau fleet angkutan pun tersedia paket promo khusus untuk treatment dalam jumlah banyak.

“Namun sebelum proses carbon cleaning, akan dilakukan terlebih dahulu proses engine scanning untuk mendeteksi apakah ada masalah mechanical pada kendaraan konsumen. Hal ini akan kami informasikan kepada konsumen sebelum proses cleaning. Syaratnya, kendaraan konsumen sudah dilengkapi dengan OBD2 untuk engine scanning. Sehingga harapannya konsumen dapat mengetahui kondisi mobilnya sebelum dan setelah proses carbon cleaning,” jelas Gandhi kembali.

Cara melakukan treatment ini sangat mudah. Anda bisa kunjungi workshop Carbon Clean Indonesia di Jl Taman Sari Raya no. 11 C, Jakarta Barat. Atau cukup manfaatkan layanan Home Service untuk area Jabodetabek dengan jam operasi bebas, baik weekday mau pun weekend. Bahkan, treatment carbon cleaning bisa dilakukan pengerjaan pada hari libur.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 133 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )