SEMAKIN AMAN DAN NYAMAN DENGAN PERANGKAT TAMBAHAN PRIME SUSPENSION ACTIVE STABILIZATOR

Foto: Aftermarketplus

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Kali ini aftermarketplus.id melakukan kegiatan Pengujian Jalan dan Test Pengereman pada All New Toyota Kijang Innova 2.4 Q A/T tahun 2016 dan All New Daihatsu Xenia tahun 2016.

Kegiatan pengujian ini bisa terlaksana berkat kerjasama aftermarketplus.id dengan pihak Prime Suspension Active Stabilizator, MGK Kemayoran dan perwakilan dari Innova Community yang diwakili oleh om Raditya Ariadhie dan Sukma, pemilik Daihatsu Xenia.

Pertama kami melakukan Pengujian Jalan pada kedua mobil sebelum dan setelah dipasang dengan perangkat tambahan Prime Suspension Active Stabilizator dengan rute jalan lurus, tol, berlubang dan menikung.

“Saya merasakan peningkatan yang cukup signifikan, jujur awalnya saya tadi agak pesimis dengan kemampuan sepotong karet ini. Tapi setelah mobil saya coba sendiri terasa jauh peningkatannya. Pada saat melibas tikungan bagian bodi belakang mobil tidak ngebuang dan pada saat masuk lubang mobil masih terasa nyaman. Innova saya jadi lebih gampang dikendalikan,” ujar om Raditya.

IC 990Sukma, pemilik All New Daihatsu Xenia mengatakan, “Pengalaman saya setelah mobil dipasang Prime Suspension Active Stabilizator, mengendarai Xenia yang saya rasakan pertama mobil jadi semakin stabil. Mobil saya coba pacu di tol dengan kecepatan sekitar 100 km/jam dan sempat beberapa kali pindah lajur untuk mendahului kendaraan lain, mobil masih mudah di kontrolnya dan tetap stabil.”

Pada Pengujian Pengereman selanjutnya, kami menggunakan 3 cone untuk panduan pengendara mobil dalam melakukan sesi test pengereman ini.

Cone pertama sebagai tanda start, lalu kedua cone lainnya sebagai tanda untuk pengendara menjaga kecepatan mobil di 40 km/jam dan cone ketiga sebagai tanda untuk melakukan pengereman (full braking). Dari situ kita bisa melihat seberapa jauh mobil berhenti.

Hasil pengereman pertama Innova om Raditya sebelum mobil dipasangi oleh Prime, menunjukkan angka 7,5 meter. Pada pengujian kedua, setelah mobil dipasangi dengan perangkat tambahan Prime Suspension Active Stabilizator menunjukkan hasil yang lebih baik, yaitu jarak pengereman terpangkas 1,8 meter menjadi 5,7 meter.

Selanjutnya pada pengujian yang kami lakukan pada mobil Xenia om Sukma, sebelum menggunakan Prime mobil berhenti di jarak 5,2 meter. Setelah mobil di pasang dengan perangkat tambahan ini, hasil menjadi lebih baik, jarak pengereman menjadi lebih pendek, yaitu 3,7 meter.

Raditya, pengguna setia Kijang Innova mengatakan,”Sebelum di pasang dengan Prime Suspension Active Stabilizator ketika melakukan pengereman (hard braking), moncong mobil terasa menukik, mobil jadi agak sulit dikendalikan, namun setelah menggunakan Prime saya merasakan moncong mobil tetap dalam posisi normal.”

“Memang terasa sekali bedanya sebelum dan setelah Xenia saya dipasangi Prime Suspension Active Stabilizator, jarak pengereman menjadi lebih pendek. Dengan Prime Suspension Active Stabilizator, saya berani merekomendasikan ke teman-teman sesama pengguna Daihatsu Xenia untuk memasang perangkat tambahan ini,” pungkas Sukma. [MNR]

About pekik udi irianto 633 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present