Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

AFTERMARKETPLUS.id – Membeli mobil merupakan impian banyak orang. Namun terkadang keuangan yang tidak mencukupi untuk membeli yang baru, membuat mobil bekas menjadi sebuah pilihan.

Selain karena harganya yang lebih murah, kualitas mobil bekas juga tidak beda jauh. 

Membeli mobil bekas juga dapat meminimalisir depresiasi harga mobil sekitar 15-25 persen per tahun selama lima tahun pertama sejak awal pembeliannya. 

Nah, apa saja si faktor-faktor yang harus diperhatikan saat kita ingin membeli mobil bekas? 

Afon, selaku pemilik bengkel Karunia Jaya Abadi di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan mau memberikan tipsnya ni gaes!

PASTIKAN INTERIOR MOBIL DALAM KEADAAN BAIK

Pertama yang dilakukan, kita harus melihat interiornya. Pastikan tidak ada bagian interior yang hilang dan rusak. Semua harus dalam keadaan baik. Jangan sampai bahan jok nya juga rusak akibat gesekan yang parah hingga bolong akibat rokok. 

PERHATIKAN KONDISI MESIN DAN TRANSMISI

Pastikan mesin tidak boleh sampai pincang atau ada getaran. Lalu jika mobil tersebut dilengkapi dengan transmisi otomatis, maka pastikan perpindahan gigi nya halus. Jika kasar atau terasa jedug. Pastikan juga AC bekerja dengan baik. 

Jika ada tanda peringatan di Indikator di speedometer yang menyala, sebaiknya baca juga manual book nya, apakah mobil tersebut layak jalan atau tidak.

Lalu pastikan juga saat mobil dihidupkan, mobil tersebut langsung hidup. Berarti pertanda kelistrikannya, pengapian hinggan sistem bensinnya dalam keadaan baik. 

PASTIKAN SISTEM REM BEKERJA DENGAN BAIK

Cara mengetesnya, injak pedal rem. Jika saat pedal rem diinjak terlalu dalam, maka mungkin ada kerusakan di sistem rem nya. 

PASTIKAN SISTEM KELISTRIKAN SEPERTI LAMPU-LAMPU BEKERJA DENGAN BAIK

Coba semua lampu di mobil yang kita incar. Mulai dari lampu depan, belakang hingga lampu di dalam kabin. Perhatikan apakah ada sambungan kabel yang tidak wajar di soketnya. Jika ada jumperan kabel, makan resiko kelistrikan konslet lebih besar. 

PASTIKAN MOBIL TIDAK BEKAS TABRAKAN

Perhatikan bemper depan, belakang, kap mesin, pintu-pintu apakah ada yang terlihat tidak presisi. Celah  antara fender dengan kap mesin juga harus diperhatikan apakah ada celah yang terlalu besar. 

Perhatikan juga dudukan lampu, apakah ada bekas lem. Upron di bagian depan dekat mesin juga harus dicermati, apakah ada bekas ketokan. 

“Selain 5 tips itu, sebaiknya bawa mobil incaranmu ke bengkel langgananmu untuk dilakukan general check up seperti bagian bawah mobil hingga kaki-kaki,” tutup Afon.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 495 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website