STRATEGI JITU MITSUBISHI DALAM MEMENANGI PASAR DI INDONESIA

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Pasar boleh lesu, tapi tidak bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Buktinya, Mitsubishi Fuso berhasil mencapai 47% pangsa pasar ditengah persaingan yang semakin ketat.

Di kelas Light Duty Truck (LDT) Colt diesel menguasai 54,8% pangsa pasar di kelas tersebut. Sedangkan pada kelas Medium Duty Truck (MDT) Fuso mencatat perolehan 23,8% pangsa pasar.

“Secara volume kami targetkan naik 5% atau setara dengan 40.500 unit di 2016. Namun untuk pangsa pasar kami mau tembus 50% dalam tiga tahun mendatang. Karena naik turun pasar itu hal yang bisa saja terjadi, namun yang terpenting pangsa pasarnya jangan sampai ikut turun,” ungkap Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB.

Agar target tersebut tercapai, KTB menerapkan strategi jitu dan memiliki spirit ‘Andalan Bisnis Sejati’ yang merupakan semangat menyediakan layanan yang berbeda dari layanan pada umumnya.

Dalam hal ini KTB menerapkan tiga pilar layanan, yaitu Zero Down Time, adalah strategi yang mengedapankan pada fasilitas dan pelayanan after sales service dengan kualitas tinggi yang dapat dilaksanakan tanpa mengganggu waktu operasional kendaraan konsumen.

Zero down time diwujudkan melalui layanan 24 jam berupa Truck Center yang hanya dimiliki oleh Mitsubishi Fuso dan tidak dapat ditemui di kompetitor lain karena biasanya layanan kendaraan niaga hanya dapat ditemukan pada jam kerja pada umumnya.

Lalu Kemudian Best Life Cycle Value, adalah strategi untuk memberikan pilihan produk yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing konsumen. Ketika kompetitor lain gencar memberikan discount, Mitsubishi Fuso fokus pada kualitas produk dan layanan purna jual yang diberikan.

Strategi terakhir yaitu Customer’s Business Consultant merupakan komunikasi yang baik antara KTB, dealer dan konsumen. KTB secara konsisten menyelenggarakan gathering konsumen dan berjalan dengan baik tiap tahunnya. KTB mengembangkan & membangun komunikasi dengan konsumen, disinilah kesempatan Mitsubishi Fuso untuk masuk ke dalam target market yang baru.

Setelah meluncurkan Mitsubishi Fuso Tractor Head FZ4928 dan FZ 4028, rencananya di tahun 2016 ini KTB akan melengkapi jajaran produknya dengan meluncurkan 10 varian baru lagi. [MNR]