7 DESAINER KELAS DUNIA YANG BERGABUNG DI HYUNDAI

Foto: Istimewa

GLOBAL, AFTERMARKETPLUS – Sejak memperkenalkan filosofi desain Fluidic Sculpture tahun 2010 melalui Sonata dan Tucson, Hyundai terus tampil semakin mempesona publik di dunia, termasuk melalui peluncuran baru GENESIS yang bermain di segmen premium dan berhadapan-hadapan langsung dengan beberapa brand raksana lain seperti Mercedes-Benz, BMW dan Lexus.

Keputusan mengusung filosofi desain baru Fluidic Sculpture digagas langsung oleh dua petinggi Hyundai yaitu M.K.Chung dan Oh Suk Geun pada tahun 2007.

Sejak itu, beberapa desainer kelas wahid pun diajak bergabung untuk mewujudkan visi dan misi desain baru tersebut. Berikut nama-nama beken yang ada di balik pengembangan desain Fluidic Sculpture 2.0 saat ini:

1. PETER SCHREYER
Pria berkebangsaan Jerman ini dikenal sebagai desainer terkemuka di Audi dan Volkswagen, sebelum dipercaya menangani Kia pada tahun 2006 sebagai Chief Design Officer.

Selama di Audi, Schreyer dikenal sebagai sosok yang sukses mendesain Audi TT, A3, A4 dan A6. Ia juga merupakan figur yang dipercaya mendesain VW Beetle dan Golf MKIV (1998).

Pada tahun 2012, Schreyer ditunjuk sebagai salah satu presiden di Hyundai Group. Di antara prestasi menterengnya, salah satu penghargaan terbaik yang pernah diterima Schreyer adalah salah satu dari tiga desainer otomotif di dunia yang pernah menerima penghargaan doktor kehormatan dari Royal College of Art di London pada tahun 2007.

Selain Schreyer, hanya Sergio Pininfarina dan Giorgetto Giugiaro yang pernah menerima penghargaan serupa.

2. LUC DONCKERWOLKE
Pria berkebangsaan Belgia ini dikenal sebagai Direktur Desain di Volkswagen Group untuk brand Bentley, Lamborghini dan Audi.

Beberapa desain model supercar yang pernah lahir dari tangan Donckerwolke di antaranya Audi R8, Lamborghini Diablo VT 6.0, Lamborghini Murciélago, Lamborghini Gallardo, Bentley Flying Spur dan Bentley EXP 10 Speed 6 (2015).

Pada tahun 2015, Donckerwolke dipercaya untuk menjadi memimpin desain GENESIS.

3. THOMAS BÜRKLE
Mantan desainer BMW ini merupakan salah satu desainer terkemuka yang pertama kali direkrut oleh Hyundai pada tahun 2005.

Selama di BMW, Bürkle dikenal sukses mendesain model “3 series” dan “6 series”. Sebelum bergabung di BMW, Bürkle juga sempat merintis karir desainnya di Mercedes-Benz.

Karya desain pertama Bürkle di Hyundai adalah mobil konsep Hyundai Genus yang sukses menyita perhatian publik otomotif dunia pada tahun 2006.

Saat ini, Bürkle dipercaya sebagai head of design Hyundai di Eropa, dan dikenal sebagai figur penting dibalik kelahiran generasi terbaru Hyundai Tucson.

4. MANFRED FITZGERALD
Sebelumnya, Fitzgerald dikenal sebagai direktur brand dan desain Lamborghini. Pada akhir tahun 2015, Fitzgerald dipercaya menjabat Senior Vice President di Hyundai dimana dia akan bekerjasama dengan atasannya Peter Schreyer dan Luc Donckerwolke untuk pengembangan strategi, marketing dan aktivitas penting lain untuk brand GENESIS.

5. ALBERT BIERMANN
Biermann memang bukan seorang desainer, dia merupakan pakar engineer. Sebelum bergabung di Hyundai, pria ini menjabat sebagai chief engineer di BMW yang dipercaya mengembangkan mobil-mobil “buas” dari pabrikan Jerman tersebut di antaranya M3, M4 dan M6.

Mulai Desember 2014, pria berkebangsaan Jerman berusia 59 tahun ini dipercaya memimpin Vehicle Test & High Performance Development di Hyundai R&D di Namyang, Korea Selatan. Di tangan Bierman, faktor penting dalam pengembangan handling, keamanan, reliabilitas dan reduksi NVH (noise,vibration dan harshness) untuk mobil-mobil Hyundai di masa depan ditangani.

6. SANGYUP LEE
Pria ini dikenal sebagai desainer otomotif paling sukses yang berasal dari Korea Selatan di dunia.

Sebelumnya, SangYup Lee dikenal sebagai Chief Designer of Exterior di Volkswagen dan Audi. Dia juga pernah menjabat sebagai Head of Exterior and Advanced Design di Bentley.

SangYup Lee juga merupakan desainer Camaro Concept yang kemudian tampil sebagai ikonik Bumblebee di film Transformers.

Bergabung di Hyundai pada Mei 2016, SangYup Lee dipercaya sebagai Vice President of Styling di Hyundai Design Center.

7. SANDY HARTONO
Pria asal Indonesia ini dipercaya sebagai Interior Design (Section Manager) di Hyundai sejak Januari 2015, dimana salah satu prestasinya dipercaya sebagai desainer interior GENESIS.

Sandy bergabung di Hyundai pada tahun 2008 sebagai Senior Designer, setelah sebelumnya pernah menjabat sebagai Interior Designer di DaimlerChrysles AG dan Designer di Honda R&D Eropa.

(Derry Journey)