All New Camry Tampil Agresif Namun Elegan

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Camry yang kian garang dengan tampilan semakin agresif dan elegan.

Menggunakan platform TNGA membuat penampilan All New Camry tampak lebih kokoh dan stabil, mengekspresikan kepercayaan diri sebagai King Of Sedan. Mobil ini merupakan platform TNGA kedua yang dipasarkan Toyota di Indonesia setelah C-HR.

TNGA adalah platform yang dikembangkan Toyota untuk kendaraan global untuk mencapai optimalitas keseimbangan dalam kelincahan (agility), stabilitas (stability), dan visibilitas (visibility).

Didukung platform TNGA, All New Camry hadir lebih kokoh dengan dimensi yang lebih besar, pusat grativitasi yang lebih rendah, dan kuda-kuda kontruksi menjadi lebih lebar dibandingkan pendahulunya.

All New Camry hadir dalam dimensi, panjang 4.885 mm atau lebih panjang 35 mm dibandingkan pendahulunya, lebar 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm dibandingkan model sebelummya. Sementara itu, tinggi 1.445 mm atau lebih rendah dibandingkan sebelumnya 1.470 mm, dan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.825 mm atau lebih panjang 50 mm dibandingkan sebelumnya.

Eksterior dan interior All New Camry dirancang dalam konsep “Aggressive Smart Confidence”. Dari sisi eksterior, bagian depan dan belakang didisain untuk memberikan sugesti yang kuat sebagai kendaraan kelas atas.

Desain Aggressive luxurious yang didukung oleh front lamp dan rear lamp berteknologi LED membangun karakter yang lebih kuat terhadap All New Camry. Dukungan platform TNGA yang mengedepankan visibility, stability dan quite cabin, menjadikan kendaraan ini semakin nyaman dikendarai, apalagi kini suspensi bagian belakang All New Camry menggunakan teknologi double wishbone.

Nuansa sporty menjadi semakin kuat dengan konstruksi All New Camry yang kini lebih lebar. Tidak hanya mengekspresikan stabilitas dan tangkas, konstruksi All New Camry juga menghadirkan rasa status yang tinggi pada kendara.

Secara keseluruhan, bagian depan All New Camry memberikan kesan yang lebih mencuat, memancarkan aura individual yang kuat. Semetara itu, bagian belakang eksterior All New Camry terlihat lebih sporty dan aerodinamis layaknya sedan kelas atas.

Permukaan eksterior yang halus dan garis desain yang berkualitas, membuat tampilan All New Camry layaknya sedan coupe, mengekspresikan sebagai produk kelas atas.

Interior All New Camry dirancang untuk menghadirkan nuansa yang lebih stylish, namun tetap mengedepankan kepraktisan. Interiornya memberikan kombinasi keluasan dan sporty. Disain kombinasi T shape dashboard yang disandang oleh model sebelumnya kini diganti dengan type cockpit dashboard pada All New Camry menjadikan interiornya lebih menarik.

Rancangan dashboard yang lebih ramping tidak hanya memberikan visibilitas yang lebih luas, juga membuat semua instrumen feature di ruang kabin dapat dijangkau dengan lebih mudah. Ruang kabin hadir dengan ruang kendaraan kelas mewah dengan layout yang mengalir. Pendekatan rancangan disain kabin diarahkan untuk memuaskan ekspektasi pelanggan terhadap mobil kelas atas.

Untuk kenyamanan, All New Camry menyajikan berbagai fitur berteknologi terkini seperti moon roof pada varian V dan Hybrid. Untuk audio, varian V dan G menggunakan layar touchscreen AVX 9 inch yang dilengkapi DVD/Radio/USB/AUX/HDMI/Bluetooth/ miracast/Internet dan 6 speakers.

Dua varian ini juga dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan layar 4,2 inch yang menampilkan driving information, eco indicator, vehicle features, security system, dan tekanan angin pada ban (tire pressure).

Sistem pendingin untuk varian G dan V menggunakan sistem dual zone dengan kontrol terpisah untuk bagian depan (pengemudi) dan penumpang di bagian belakang. All New Camry juga dilengkapi wireless charger untuk varian V dan Hybrid.

Semua varian dilengkapi kursi berbahan kualitas terbaik dengan disain sporty. Yang tidak kalah penting, untuk memberikan kenyamanan lebih kepada pengemudi, pedal akselerator didesain untuk memberikan kemudahan agar kaki bisa bergerak secara natural sehingga bisa menghasilkan respon terbaik dan lebih menyenangkan.

Layaknya pada kendaraan kelas atas, All New Camry memberikan fitur keselamatan (safety) yang lengkap kepada penggunanya antara lain Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function, disamping 7 airbags, ABS, EBD, BA, VSC dan HSA.

Sebagai penggerak, All New Camry varian G dan V menggunakan mesin 2AR-FE dengan 4 silinder dan kapasitas 2.494 cc. Output maksimun 183 ps/6.000 rpm dan torsi 23.9 kgm/4.100 rpm.

Sedangkan untuk varian Hybrid menggunakan engine A25A-FXS dengan kapasitas 2.487 cc dengan power maksimum 178 ps pada 5.700 rpm dan torsi maksimum 22.5 kgm pada 3.600-5.200 rpm. Untuk motor listriknya, varian Hybrid menggunakan electric motor dengan power 20.6 kgm.

Sebagai kendaraan listrik berbasis teknologi hybrid di Indonesia, All New Camry Hybrid ini tampil lebih advance dibandingkan pendahulunya. Selain kini dilengkapi moon roof, engine A25A-FXS yang disandang varian hybrid tergolong salah satu mesin dengan penggunaan bahan bakar terefisien didunia.

Berada di atas varian G dan V, untuk memberikan kenyamanan lebih, All New Camry Hybrid dilengkapi advance audio system yang menggunakan AVN 8 inch touchscreen yang dilengkapi DVD/Radio/USB/AUX/Bluetooth/Miracast dan 9 speaker JBL Nano-E Air purifer yang menjamin kualitas kenyamanan.

Varian ini juga dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan layar 7 inch dan Head Up Display (HUD) yang keduanya menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan pengemudi.

Sistem pendingin menggunakan triple zone AC yang dilengkapi touchscreen control untuk kursi belakang. Pengendalian sistem pendingin bisa dilakukan secara terpisah sehingga baik pengemudi, penumpang bagian depan, maupun belakang dapat mengatur suhu sesuai dengan keinginannya.

[MNR]

About pekik udi irianto 1015 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present