Asuransi Astra Sumbang Ratusan Buku Bacaan Anak-Anak ke Perpustakaan Keliling di Aceh

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Membaca belum jadi suatu kebiasaan bagi sebagian masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Sebagian besar dari mereka hanya menggantungkan perkembangan wawasan dari ilmu yang diperoleh di sekolah.

Tidak tinggal diam, salah satu anak muda Abdya, Nita Juniarti (25 tahun) berusaha untuk meningkatkan kebiasaan masyarakat Abdya dengan mendirikan “Sigupai Mambaco”; “Sigupai” merupakan gelar untuk Kabupaten Abdya sedangkan “Mambaco” merupakan Bahasa Aneuk Jame yang berarti “Membaca”.

Dengan kata lain, “Sigupai Mambaco” memiliki arti “Abdya Membaca”. Setiap sore, Nita menggelar buku-buku koleksinya untuk dapat dibaca dan dipinjam oleh masyarakat Abdya yang sedang menghabiskan sore di Dermaga Susoh. Metode “jemput bola” ini terbukti efektif sekalipun minat masyarakat masih naik turun mengingat koleksi buku yang terbatas.

Kegigihan Nita dalam mengembangkan kualitas masyarakat tanah kelahirannya menggugah Asuransi Astra untuk ikut serta turun membantu. Melalui kampanye sosial #PijarIlmu, Asuransi Astra melakukan revitalisasi terhadap Sigupai Mambaco dengan membangun becak yang akan lebih memudahkan Nita dalam membawa Sigupai Mambaco ke lokasi-lokasi ramai di sekitar Abdya.

Selain itu, Asuransi Astra juga menambahkan ratusan koleksi buku-buku terutama buku bacaan anak-anak, target pembaca Nita selama ini.

“Membangun suatu kebiasaan bukan hal yang mudah, tapi Nita tidak pernah putus asa. Semangat anak-anak muda seperti Nita inilah yang saya yakin bisa membawa Indonesia yang lebih baik. Kami juga melihat bahwa apa yang Nita lakukan senada dengan apa yang kami lakukan sekarang, yaitu memberikan peace of mind pada masyarakat dalam bentuk pendidikan. Semoga dengan wajah baru Sigupai Mambaco ditambah adanya ratusan koleksi buku baru, masyarakat Abdya bisa lebih tertarik untuk membaca buku,” ujar Eddy Ismanto, SVP Corporate Secretary, Compliance, & Risk Management Asuransi Astra.

Sama seperti lokasi kegiatan #PijarIlmu lainnya, selain melakukan revitalisasi perpustakaan atau rumah baca, Asuransi Astra juga melakukan workshop manajemen keuangan dan kepemimpinan.

Kali ini, selama satu hari penuh pada tanggal 28 April 2018, workshop #PijarIlmu dilakukan di Aula Bappeda Abdya dan dihadiri tak kurang dari 105 kepala dan bendahara sekolah yang berasal dari berbagai kecamatan di Abdya.

Adapun materi manajemen kepemimpinan kali ini dibawakan oleh Eddy Ismato, SVP Corporate Secretary, Compliance, & Risk Management Asuransi Astra sedangkan materi manajemen keuangan dibawakan oleh Mustika Wulandari, VP MV Operation Asuransi Astra.

Selain untuk mengembangkan kemampuan para tenaga didik, pelatihan ini juga dilakukan sebagai upaya Asuransi Astra untuk menyukseskan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan tingkat literasi keuangan pada tenaga pendidik.

Sebagai apresiasi atas semangat tenaga pendidik dalam mengembangkan diri, di akhir pelatihan, Asuransi Astra memberikan masing-masing satu unit notebook untuk tiga peserta terbaik.

[WAP]