BAGI TOYOTA, WULING DAN XPANDER MALAH BIKIN KONSUMEN BANYAK PILIHAN

Foto: Aftermarketplus

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Mulai 20 September 2017, Mitsubishi XPander telah dikirim ke sejumlah konsumennya secara bertahap. Sementara sebelumnya beberapa unit Wuling juga telah terlihat mondar-mandir di jalan raya.

Namun menurut PT Toyota Astra Motor (TAM), kedua produk terbaru yang digadang-gadang menjadi saingan, bahkan dicap sebagai ‘Pembunuh’ Toyota Avanza itu tak lantas membuat ‘mobil sejuta umat’ ini bergeming.

Hal tersebut diutarakan Fransiskus Suryopranoto, Executive General Manager TAM di sela-sela peresmian Revitalisasi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution di Bandung, Jawa Barat (29/9).

Dikatakan Suryo, banyak pihak memprediksi Wuling dan XPander akan benar-benar membuat Avanza terkena imbasnya. Kenyataannya di Agustus 2017, Avanza masih terjual di angka 9000-an, begitupun dengan September 2017, berkisar di angka yang sama.

“Tahun ini memang ada sejumlah produk baru di segmen MPV. Seperti Wuling dan Mitsubishi XPander. Bagi Toyota sendiri, kehadiran mereka malah membuat pilihan terhadap konsumen semakin banyak,” ucapnya.

Dengan telah di delivery-nya Mitsubishi XPander, Suryo mengajak untuk melihat apakah booming-nya sama seperti XPander pertama kali hadir di GIIAS 2017.

“Ya kita lihat saja. Tapi menurut kami kondisi seperti ini sama halnya ketika Honda Mobilio pertama kali hadir. Tapi bedanya saat itu market meningkat. Dan saat itu market share Avanza malah lebih bagus, capai 36 persen,” sergahnya.

Suryo sebenarnya mengharapkan dengan maraknya produk baru, maka market akan naik. Tapi kenyataannya market tetap belum membaik, bahkan cenderung turun.

“Terus terang saja, bagi Toyota dengan hadirnya produk baru, malah lebih men-challenge kita untuk menghadirkan produk yang lebih baik lagi,” tandasnya.

Kalau mengomentari soal Wuling, Toyota berpikir Avanza tipe terendah yang akan terkena imbasnya. Tapi ternyata malah bergeser, menyasarnya ke Calya.

“Meski begitu, tetap saja Calya tak terganggu kok. Apalagi Toyota sudah teruji dengan hadirnya Honda Mobilio. Toyota sudah sangat kuat di infrastruktur, sebentar lagi penambahan menjadi 305 outlet. Akhir tahun ini target kami 312 outlet di seluruh Indonesia,” jelas Suryo.

Ia menambahkan di tahun 2018, Toyota berwacana menggelontorkan produk Hybrid murah. Sedangkan akhir tahun ini Toyota sedang mempersiapkan peluncuran sebuah produk terbaru di segmen SUV.
[OBK]

About pekik udi irianto 933 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present