Di Tahun 1958, Nissan Pernah Menjuarai Balapan Paling Gila di Dunia

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Di awal debutnya dalam balapan terekstrim dan rute terpanjang di dunia, Nissan mengejutkan penggemarnya dengan mencapai garis finish bahkan menjuarai di kelasnya.

Pada tahun 1958, Nissan mengikuti balapan internasional pertamanya di Australian Rally (nama resmi: 1958 Around Australia Mobilgas Trial). Kontes ini merupakan kontes dengan rute tergila pada masanya, di mana ketahanan mesin diuji dengan rute sepanjang 16.000 kilometer yang mengelilingi benua Australia searah jarum jam. 

Balapan dimulai dari Sydney, dan peserta akan kembali melewati Sydney menuju Melbourne untuk mengakhiri uji ketahanan tersebut. Rute balapan ini didesain untuk menguji mobil serta pengendaranya sampai pada batas maksimal ketahanan mereka.

Oleh karena itu, penyelenggara acara melarang siapapun selain kru untuk menangani mobil-mobilnya, serta menyegel semua mesin utama dan komponen transmisi, sehingga apabila mobil ditemukan dalam kondisi berbahaya, mobil tersebut langsung dieliminasi dari acara.

Untuk memberikan gambaran detil mengenai balapan tersebut, hanya terdapat satu jalan memutar yang kontroversial melewati dua kota pesisir, Jurien Bay dan Green Head.

Rute ini memaksa para peserta untuk menempuh bukit pasir, rawa-rawa, dan perairan berbahaya dengan kedalaman 1 meter. Sesuai dengan peraturan, semua pengendara wajib memiliki pemadam api, peralatan P3K, dan persediaan makanan dan minuman selama 1 minggu.

Pada akhir balapan yang menyebabkan luka dan cedera, patah tulang, bahkan kematian. Hanya 36 dari 67 mobil yang berhasil menyelesaikan balapan tersebut.

Dunia balap pada saat itu dikejutkan oleh keikutsertaan Nissan, yang diwakilkan oleh Datsun 1000 Sedan (model 210) yang memenangkan balapan tersebut pada kelasnya (Kelas A untuk kendaraan 1 liter atau kurang dari itu).

Ketenaran yang datang dari seluruh penjuru dunia setelah mengikuti balapan berawal dari keberanian Nissan untuk menjawab tantangan ekstrim pada balapan internasional Nissan yang pertama.

Mereka juga sukses mencapai tujuan mereka pada saat itu “membuktikan kualitas dan ketangguhan mobil-mobil Nissan kepada pasar internasional.” Hal ini memberi dorongan besar untuk Nissan dalam mengekspor model-model tersebut ke Amerika, Asia, dan Oseania.

Sayangnya, balapan tersebut tak pernah dilanjutkan kembali setelah tahun 1958 karena terlalu berbahaya, tetapi kemenangan Nissan tetap tercatat dalam sejarah balap dunia.

Datsun 1000 Sedan 210 tahun 1957 merupakan all-new Datsun terakhir sebelum peluncuran Bluebird. Mobil tersebut dilengkapi dengan mesin OHV 1-liter pertama milik Nissan yang baru dikembangkan untuk meningkatkan performa kecepatan.

[EYD]