Didukung Mesin Turbo Berteknologi Terkini, Seberapa Superior Jantung Pacu Wuling Almaz?

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Sebelumnya kami sudah menyinggung kalau Wuling Almaz akan masuk di segmen panas saat ini yakni segmen Medium SUV. Jika disandingkan dengan para rival maka proporsi mesin turbo mungil yang diusung Wuling Almaz akan punya 2 rival terdekat.

Pertama ada Honda CR-V 1.5 Turbo dan kedua ialah DFSK Glory 580. Ketiganya sudah bermesin turbo.

Nah karena benang merah yang sama inilah kami tertarik untuk membandingkan potensi mesin Almaz dibanding dua rivalnya tersebut.

“Wuling Almaz hadir dengan mesin bertenaga yang dilengkapi turbo berkapasitas 1.500cc 4 silinder”, terang Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Data performa menunjukkan jika mesin Almaz ini mampu memuntahkan tenaga 141 dk pada 3.500 rpm dengan semburan torsi maksimum sebesar 250 Nm pada 1600-3600 rpm.

“Torsi Almaz ini paling besar di kelasnya saat ini di indonesia” imbuh Danang.

Teknologi mesin turbo di Wuling Almaz juga didukung oleh turbocharger generasi terkini buah pengembangan spesialis bikin turbo asal Amerika Serika Honeywell Turbo Technologies atau sebelumnya dikenal Garrett Engine Boosting Systems.

Selain torsi yang terbesar, material yang digunakan untuk mesin Almaz sudah menggunakan material berkualitas yang memenuhi standar penerbangan.

Pengembangan mesin ini juga diklaim sudah melewati 10 ribu jam dan 300 km life time test untuk menguji ketahanannya.

“Mesin tersebut dikombinasi dengan transmisi terbaru CVT technology yang smooth dan responsif. Di dalam transmisi ini ada simulasi 8 speed manual dan dilengkapi dua mode berkendara yaitu Eco dan sport” ujar Danang.

Nah kalau mau dibandingkan, Honda CR-V Turbo bermesin 1.500cc 4 silinder sebenarnya paling mendekati bahkan bisa melewati tenaga Almaz.

Honda CR-V ini bahkan bisa menghasilkan tenaga 190 dk alias 49 dk lebih besar dibanding tenaga Almaz namun dengan torsi 240 Nm atau 10 Nm lebih kecil dibanding torsi mesin Almaz.

Kemudian potensi mesin Almaz jika dibandingkan catatan tenaga DFSK Glory 580. Menggendong mesin 1.500cc 4 silinder turbo, Glory 580 mampu merilis tenaga 147 dk yang artinya 6 dk lebih besar dari tenaga Almaz.

Namun Glory 580 hanya punya torsi maksimum 220 Nm alias 30 Nm lebih kecil dibanding torsi Almaz sebesar 250 Nm.

Yups enggak heran kan kalau Almaz mengklaim jika mereka punya torsi terbesar saat ini.

[MNR]

About pekik udi irianto 1024 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present