Digawangi Rifat Sungkar, Ini Dia Xpander Rally Team yang Siap Ngegas di Lintasan Balap

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Seperti pernah dijanjikan di ajang pameran otomotif IIMS 2019 bulan April lalu, Mitsubishi Motors akan resmi memperkenalkan tim balapnya di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Janji itu ditunaikan pada hari keempat GIIAS 2019, Minggu (21/7/2019) kemarin.

Rifat Sungkar pereli Tanah Air yang menjalin kerja sama dengan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan tim balap reli yang diberi nama XPANDER Rally Team (XRT) di booth Mitsubishi Motors.

XPANDER Rally Team akan diperkuat langsung oleh Rifat sebagai pebalap yang sudah memiliki segudang prestasi baik di kancah nasional maupun internasional.

Rifat akan didampingi navigator M. Redwan yang memang dikenal sebagai mitra kepercayaan Rifat di balik kemudi.

Rifat menyatakan, peluncuran XPANDER Rally Team merupakan suatu konsep kreatif dari kendaraan multifungsi yang diciptakan oleh Mitsubishi. Rifat menegaskan sebagai small MPV, XPANDER sangat cocok untuk keluarga.

“Kenyamanan dan kelengkapan fiturnya tidak dapat diragukan lagi sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan di Indonesia. Namun lebih dari pada itu, saya punya pandangan berbeda karena melihat XPANDER memiliki keseimbangan sasis yang sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4,” ujar Rifat Sungkar.

Berangkat dari konsep tersebut, MMKSI dan Rifat kemudian mengembangkan XPANDER menjadi sebuah mobil yang dapat bersaing dalam ajang balap reli AP4 dengan melihat potensi sekaligus menyesuaikan regulasi FIA terkait kelas AP4 tersebut.

Rifat melihat sasis yang digunakan XPANDER mengadopsi konstruksi dari Mitsubishi Lancer Evo X yang menjamin handling mobil ini akan sangat baik ketika digunakan. Handling yang baik ini bukan tanpa alasan, karena XPANDER AP4 memiliki cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang.

“Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat XPANDER menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli,” beber Rifat.

Tentang AP4 ini, Rifat menyatakan ini merupakan inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik. Yang istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

“Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan.”

Bersama kemunculan XPANDER Rally Team, MMKSI bersama Rifat memiliki misi untuk mengembalikan kejayaan reli Indonesia dengan menghadirkan generasi mobil terbaru yang menggunakan teknologi tercanggih.

Selain itu, XPANDER Rally Team diharapkan juga bisa menjadi ajang pembuktian bahwa Mitsubishi XPANDER bukan sekadar mobil keluarga biasa, melainkan bisa menjadi mobil yang atraktif untuk digunakan dalam setiap situasi dan kondisi.

Berikut jadwal pelaksanan event yang akan diikuti XPANDER Rally Team adalah sebagai berikut:

1. NZRC Goldrush Rally of Coromandel 16-17 Agustus di Moewai Park Whitianga, New Zealand2. Kejurnas Sprint Rally Putaran II, 7-8 September Serang, Banten3. Meikarta Sprint Aspal 28-29 September Meikarta, Jawa Barat4. Kejurnas Sprint Rally Putaran III 19-20 Oktober, Jambi5. Kejurnas Sprint Rally Putaran 4 26-27 Oktober, Jambi6. Kejurnas Sprint Rally Putaran V, 7-8 Desember, Jawa Barat

Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan, Mitsubishi Motors Indonesia bersemangat untuk mendukung XPANDER Rally team dalam ajang AP4 rally.

“Ini merupakan kesempatan untuk memberikan referensi kepada pengguna XPANDER mengenai modifikasi terkini yang dapat dilakukan kepada XPANDER tentunya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku baik dari sisi pabrikan maupun regulasi pemerintah,” ungkap Naoya Nakamura.

Naoya menjelaskan, XPANDER AP4 mengombinasikan performa di atas kenyamanan untuk memacu adrenalin. Tidak hanya itu, keikutsertaan XPANDER dalam ajang AP4 menjadi bukti bahwa kendaraan penumpang Mitsubishi Motors dibuat sesuai dengan tujuan utamanya untuk memdukung keinginan dan ambisi penggunanya.

“Harapan saya dan MMKSI adalah agar XPANDER AP4 tak hanya juara sebagai mobil keluarga atau operasional namun juga juara di setiap kompetisi yang diiktui dengan R&D yang sangat serius yang telah dilakukan beberapa waktu terakhir,” ujar Rifat Sungkar.

Berikut spesifikasi XPANDER AP4 Engine: Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600cc) Horse Power:  350 HPTorque: 410 ft/lbs Wheels: 15 x 7 SpeedlineTire: Dellium RG4 Weight Distribution: 55/45.

[MNR]

About pekik udi irianto 1263 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present