Dipilih Grab Indonesia Jadi Armadanya, Hyundai IONIQ Bisa Tempuh 383 Km Tanpa Isi BBM

AFTERMARKETPLUS.id – Kejutan awal tahun 2020 dilakukan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) bersama dengan Grab Indonesia lewat pemesanan 20 unit Hyundai IONIQ.

Kedua puluh armada Hyundai IONIQ ini dipastikan segera mengaspal di Jakarta, meski nantinya juga siap dipasarkan untuk konsumen umum.

“Bicara tentang mobil IONIQ saat ini baru satu perusahaan fleet yang menggunakan yaitu Grab. Tapi kami merecanakan untuk memperkenalkan mobil listrik ini juga untuk umum,” buka Hendrik Widjaja selaku Deputy Marketing Director PT HMI soal IONIQ.

Lantas apa yang menarik dari Hyundai IONIQ ini? Dari desain bodinya, IONIQ terlihat sebagai sebuah liftback compact 5 pintu dengan desain modern.

Nama IONIQ merupakan kependekan dari kombinasi kata Ion dan Unique. Mobil listrik IONIQ disupport baterai lithium-ion polymer berkapasitas 28 kWh dengan tenaga 120 dk dan torsi sebesar 295 Nm.

“Jarak tempuh berdasarkan hasil tes IONIQ di Eropa itu bisa mencapai 383 km lewat pengisian penuh baterai selama 6-8 jam,” kata Hendrik lagi. Jadi enggak perlu keluar biaya untuk isi BBM ya bro!

Namun bisa waktu tersebut dirasakan cukup lama, Anda bisa kok mengisi ulang daya secara cepat (fast charging) baterai mobil ini. “Nah untuk fast charging itu 55 menit dan Anda bisa mendapatkan kapasitas baterai 80 persen dari 383 km (jarak tempuhnya),” tambah Hendrik.

Tidak sekadar asal jualan IONIQ di pasar Indonesia. Kedepan PT HMI juga tengah fokus menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Untuk stasiun pengisian (SPKLU) rencana kita mulai bulan depan, tentunya bertahap kita mau menginstal mulai dari showroom-showroom Hyundai yang sudah 3S. Dan bekerjasama dengan Grab kami juga akan bikin di luar showroom,” papar Hendrik soal SPKLU.

Lebih jauh ia menambahkan, “Untuk penanganan perbaikan (mobil listrik IONIQ) sementara ada di Hyundai Simprug karena penanganan mobil listrik itu harus khusus. Teknisinya pun menggunakan atribut khusus tidak seperti mekanik pada umumnya. Bulan Februari akan kami informasikan lagi mengenai detail dan SPKLU dan teknis penanganan oleh mekanik”.

[MNR]

About pekik udi irianto 1397 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present