DISKUSI PINTAR FORWOT GANDENG PRODUSEN MOBIL WULING DI JAKARTA

Foto: Aftermarketplus

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Forum Wartawan Otomotif (Forwot) mengadakan diskusi pintar di The Hook – Jakarta Selatan, Jumat (21/4), dengan narasumber Dian Asmahani selaku Brand Manager PT SAIC General Motors Wuling Motor Indonesia dan Bebin Djuana selaku pengamat industri otomotif nasional.

“Hari ini kita coba membedah secara pintar dan kritis mengapa Wuling brand asal Cina sampai nekat masuk ke pasar industri otomotif Indonesia yang sudah sekian lama dikuasai pabrikan Jepang,” kata Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot dalam pidato pembukaannya.

Menanggapi hal itu Dian Asmahani menuturkan, “Keputusan Wuling masuk ke industri otomotif Indonesia sebenarnya sudah melalui tahap studi yang matang di antaranya bisa dilihat dari kesungguhan kami membangun pabrik di Cikarang di atas lahan 60 hektar dengan total nilai investasi mencapai 700 juta US dollar. Kami pun telah menyiapkan 50 jaringan dealership, skema pembiayaan, local content mencapai 50 persen, 20 penyuplai lokal, serta data yang menunjukkan rasio kepemilikan mobil di Indonesia baru mencapai 83 per 1.000 penduduk sehingga peluangnya masih sangat besar.”

Wuling sendiri yang merencanakan memperkenalkan produknya di kuartal ketiga 2017, bermain di segmen paling populer di Indonesia yaitu di segmen low MPV.

“Meski sulit, kans Wuling untuk sukses di Indonesia tetap ada dan terbuka. Yang perlu digaris bawahi oleh mereka di antaranya kesiapan layanan purna jual, menjaga nilai jual kembali, posisi harga, serta kelengkapan fitur yang kompetitif di segmennya,” kata Bebin Djuana yang juga pernah menduduki posisi kunci dan strategis di APM Suzuki dan Hyundai di Indonesia.

Melihat kesungguhan Wuling di Indonesia, satu hal yang pasti adalah konsumen semakin memiliki banyak pilihan. Bagaimana menurut Anda? (Derry Journey)