Ditanya Mobil Listrik dan SUV Baru, Suzuki Indonesia Malah Jawab Begini

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 siap digelar selama 11 hari mulai 25 April – 5 Mei 2019.

Beberapa APM baik roda dua dan roda empat sudah menyatakan keikutsertaan mereka di event tersebut termasuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Nah yang menarik, salah satu agenda utama yang ingin digaungkan IIMS ialah terkait mobil listrik. “Kalau electric vehicle, kita (PT SIS) masih sebatas model yang show di GIIAS lalu dan untuk IIMS nanti kita masih belum final untuk limit produk mana yang akan ditampilkan. Tapi pasti kita punya beberapa kejutan yang sudah kita siapkan buat IIMS,” buka Harold Donnel, Head of Brand Develpoment and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales.

Harold pun nampak menampik jika kejutan yang siap diberikan Suzuki nanti adalah launching resmi SUV mungil mereka yakni Suzuki Jimny generasi keempat. “Kejutan itu bukan SUV yang baru (Jimny) tapi yang pasti bisa bikin terkejut lah,” tandas Harold tanpa merinci lebih jauh.

Kehadiran lini SUV di keluarga besar Suzuki memang menarik untuk ditunggu. Pasalnya saat ini Suzuki tidak punya lini produk SUV murni seperti Suzuki Grand Vitara misalnya.

“Kalau secara limit produk, SUV yang secara global paling siap itu ada Suzuki Grand Vitara dan Jimny. Posisi Grand Vitara saat ini masih kita jual by demand,” tambah Harlod lagi.

Position Grand Vitara yang dijual by demand karena memang penjualan yang sangat tersegmentasi untuk produk ini.

“Setelah kami pelajari, penjualan grand vitara itu secara desain kan masih konvensional dan mengotak dan demandnya masih sangat nieche. Dengan desain yang kotak dan fitur yang konvensional itulah yang membuat pembelinya terbatas,” terang Harold lebih jauh terkait nasib Grand Vitara.

Harold juga tidak menampik jika saat ini para pembeli SUV lebih melihat garis desain bodi yang lebih dinamis.

“Saat ini pembeli SUV atau SUV wannabe ingin desain mobil lebih dinamis dan moderet jadi desain itu tidak harus kotak boleh meliuk-liuk sehingga peluang untuk Grand Vitara jadi masih ada tapi sangat kecil,” tandas Harold lagi.

Solusi untuk produk SUV Suzuki sebenarnya juga ada di sosok Suzuki Grand Vitara Brezza. Meski ada beberapa kendala terkait mobil ini.

“Grand Vitara Brezza kita masih belum bisa komentar karena mobil itu sebenarnya dikhususkan untuk pasar india. Dengan konfigurasi yang sudah kita tampilkan di GIIAS 2016 kalau tidak salah, mobil ini punya mesin 1.300cc dengan pilihan transmisi manual atau otomatis seperti konfigurasi mesin Jimny yang kita jual di 2017,” terang Harold lagi.

Lantas akankah Jimny yang mendapat respons baik saat GIIAS lalu jadi diluncurkan? “Sementara posisi Jimny masih kita telaah lebih lanjut, karena memang masih banyak hal yang harus dibereskan terkait Jimny, semuanya masih on progress. Kira akan kabari terus updatenya,” tutup Harold.

[MNR]

About pekik udi irianto 1035 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present