DN MULTISIX, CARA DAIHATSU DAN TOYOTA JAWAB TANTANGAN MITSUBISHI XPANDER

Foto: Aftermarketplus

TANGERANG, AFTERMARKETPLUS – Kehadiran Mitsubishi Xpander sontak mengubah peta persaingan segmen Small MPV di Indonesia. Xpander hadir dengan desain kombinasi MPV dan SUV serta memiliki citra modern dibanding rival-rivalnya saat ini. Tidak berlebihan jika GIIAS 2017 jadi panggung Xpander bergaya bak primadona.

Menyikapi hal itu, Daihatsu menyiapkan langkah maju. Meski belum langsung melakukan pembaruan pada Daihatsu Xenia. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan MPV konsep berlabel Daihatsu DN Multisix.

Foto: AftermarketplusIa seperti dipersiapkan untuk meladeni tantangan Mitsubishi Xpander. Bisa juga menjadi pembaruan bagi Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang notabene terlihat makin jadul dibanding desain dan kelengkapan fitur yang dimiliki Xpander.

Sejatinya Daihatsu DN Multisix adalah MPV. Ia memiliki wajah serupa dengan versi konsep Daihatsu DN F-Sedan. Bisa jadi inisial D merupakan proyek mercusuar bagi Daihatsu dan Toyota untuk tampil lebih dinamis dan modern di masa depan.

Dari segi dimensi, DN Multisix memiliki penjang 4.310 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.695 mm. Adapun jarak sumbu rodanya mencapai 2.620 mm dan ground clearance 250 mm.

Poin terakhir menjadi menarik, mengingat Xpander yang diklaim paling jangkung saat ini hanya punya ground clereance 205 mm. Kemungkinan DN Multisix disiapkan sebagai MPV tangguh untuk menjelajah ke berbagai medan jalan yang beragam di Indonesia.

Dimensi DN Multisix tentu lebih superior dibanding Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang panjangnya hanya 4,190 mm, lebar 1.660. Bahkan jarak sumbu roda Avanza/Xenia juga lebih pendek yakni 2.655 mm meski dengan tinggi yang relatif setara.

Hal ini ingin menunjukkan jika penerus Avanza/Xenia ini berorientasi meningkatkan kelegaan kabin dan kenyamanan sekaligus memperbaiki kestabilan dan body roll yang kerap dikeluhkan pengguna Xenia/Avanza.

Kabin DN Multisix didesain untuk 6 orang dengan bangku tengah terpisah seperti model jok captain seat. Akses pintu depan luas dengan pemandangan dasbor yang futuristik yang kami rasa akan perlu banyak penyesuaian jika diterjemahkan jadi model produksi.

Begitu juga dengan akses ke baris kedua melalui pintu model suicide doors. Kesan mewah lain ditawarkan dari aplikasi atap kaca panoramic seutuhnya.

DN Multisix disebut akan mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc berpenggerak roda depan. Berbeda tentunya dengan Avanza/Xenia yang berpenggerak roda belakang. Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin pada saat hujan. Traksi lebih bagus pada jalan licin, karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan.

Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FWD saat hujan. Pilihan penggerak depan juga disebut Daihatsu punya keuntungan bagi kelegaan kabin, terutama lantai yang bisa dibuat rata.

Namun tenang, proses yang harus dilalui DN Multisix untuk menjadi model produksi tentu masih panjang. Dan jika Daihatsu dan Toyota jeli melihat kelemahan Xpander saat ini, maka bukan tidak mungkin MPV generasi lanjutan ini akan kembali menjadi primadona.
[MNR]

About pekik udi irianto 927 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present