Empat Teknologi All New Suzuki Ertiga Cocok Untuk Wanita

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Melakukan debut World Premier di Indonesia International Motor Show 2018, All New Suzuki Ertiga memiliki 4 teknologi yang bikin disukai pengemudi wanita. Apa saja itu?

LEBIH IRIT BBM
Walau bagaimana pun, wanita pasti senang dengan mobil yang irit BBM. Artinya, akan ada alokasi dana tambahan belanja, jika mobil yang dikendarainya irit BBM.

All New Suzuki Ertiga menawarkan hal itu dengan mesin barunya K15B yang menggantikan K14B. Meski memiliki kapasitas mesin lebih besar (1.462 cc) dari 1.372 cc, tapi engineer Suzuki benar-benar melakukan perubahan dengan cukup serius.

Terbukti dengan berubahnya ukuran bore dan stroke, yang artinya Suzuki perlu mengubah bentuk blok, piston dan kruk as pada mesin K15B.

Efek dari perubahan ini, membuat Suzuki perlu menurunkan rasio kompresi menjadi 10,5:1 agar durasi kem tetap efisien untuk mengail tenaga di putaran rendah namun pemilik mobil tetap dapat mengkonsumsi bensin oktan rendah.

Hasilnya, tenaga mesin meningkat menjadi 104,7 PS dari 92 PS. Begitupun dengan torsi menjadi 138 Nm. Bahkan standar emisi kian membaik dengan mengusung standar Euro 4.

Lalu, dari mana All New Ertige lebih irit BBM? Penerapan sasis Heartech yang lebih ringan 50 kg dari pendahulunya, membuat All New Suzuki Ertiga menjadi lebih irit BBM.

Komposisi ini membuat Power To Weight Ratio (PWR) menjadi lebih baik. All New Suzuki Ertiga kini memiliki PWR diangka 10,84 kg/ps dari 12,88 kg/ps. Dengan mengusung bobot yang lebih ringan, otomatis konsumsi BBM menjadi lebih irit. Wajar jika Suzuki mengklaim All New Ertiga lebih irit 3,3% dari pendahulunya – klaimnya menjadi 18,09 km/l.

LEBIH LEBAR DAN LEBIH PANJANG

Dari sisi dimensi, All New Suzuki Ertiga lebih lebar dan panjang dari pendahulunya. Siapa pun pasti akan menyukai pengembangan ini. Apalagi dengan bertambah panjang hingga 130 mm, otomatis membuat ruang bagasi kian lapang. Acara berbelanja kian asyik tentunya…

DILENGKAPI HILL HOLD CONTROL

Salah satu kendala pengemudi wanita adalah saat berhenti di jalan menanjak. Dengan fitur Hill Hold Control membuat All New Ertiga akan tertahan beberapa detik sehingga tak lagi membuat panik akibat mobil bergerak mundur.

Tak hanya itu, All New Ertiga kini juga dilengkapi dengan Electronic Stability Programme (ESP) sehingga lebih aman dikendarai meski di jalan lincin sekalipun.

MUDAH PARKIR

Parkir juga menjadi kendala pengemudi wanita. All New Suzuki Ertiga kini mengadopsi Variable Gear Ratio (VGR) di sistem kemudinya.

“Teknologi ini membuat kemudi All New Ertiga dapat diputar lebih sedikit untuk membentuk sudut menikung yang sama,” terang Totok Yulianto, selaku 4W Service Section Head PT Suzuki Indomobil Sales saat Ulang Tahun FORWOT ke-15 di hotel Aston Sentul, Jawa Barat (12/5).

Hal ini tentu membuat proses parkir yang kerap menjadi momok pengemudi wanita tereduksi.

[Dhany Ekasaputra]