FIRST IMPRESSION BMW SERI-5

Foto: Aftermarketplus

BANGKOK, AFTERMARKETPLUS – Selain Honda CR-V, Di ajang Bangkok International Motor Show 2017, ada satu lagi mobil yang akan hadir ke Indonesia dalam waktu dekat ini, yaitu BMW Seri-5 terbaru dengan kode body G30.

“Kalau untuk Seri-5 yang baru akan dihadirkan sebentar lagi di Indonesia,” kata Jodie O’tania, Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia.

Di Thailand, BMW menghadirkan 520D Luxury bermesin diesel dan 530i M Sport. Desain eksterior Seri-5 terbaru ini sekilas mirip seperti Seri-3 dan Seri-7. Yang membedakan hanya panjangnya saja.

Paling kentara adalah bentuk depannya, sekarang dia lebih agresif dengan penggunaan headlamp yang menyatu dengan kidney grille yang mirip dengan G11.

Desain bumpernya sangat sporty dan membuat tampilannya menjadi sangar. Dan tidak lupa lampu Adaptive LED datang sebagai standar meskipun belum mengadopsi tekonlogi Laser Light seperti i8 atau Seri-7 G11.

Dari samping, Masih sedikit terlihat garis-garis sisa F10, disini BMW terlihat cukup konservatif, penampilannya didongkrak dengan pelek yg berukuran cukup besar 19 inci yang membuatnya terlihat sangat keren.

Dari belakang, mobil ini terlihat pipih dengan bentuk bagasi yang landai. Desain LED lampu belakang pun seperti desain mobil-mobil baru BMW saat ini. Ditambah Dual-Exhaust berbentuk trapesiumnya membuat mobil ini terlihat sangat modern.

Masuk ke interiornya, saya pun mencoba duduk di jok berbahan Nappa. Sama seperti mobil BMW lain, mobil ini sangat ergonomis. Semua panel di dasbor dapat terjangkau tangan dengan mudah. Bentuk dasbornya bisa dibilang mirip seperti Seri-7 G11.

Layar speedometer kini full TFT seperti G11 yang bisa berubah jika berganti mode berkendara. Tuas transmisi dan knob iDrive sudah seperti G11 yang terlihat sangat futuristic. Sama seperti G11, G30 mempunyai teknologi gesture control ingin mengoperasikan iDrivenya.

Yang menarik, Seri-5 ini telah mengadopsi teknolgi Carbon Core dan teknologi Cluster Architecture (CLAR) yang membuatnya jauh lebih enteng dari Pendahulunya.

Untuk sektor mesin, 520i dan 530i sebagai base model akan dipersenjatai mesin dengan kode B48 berkapasitas 2000cc 4-silinder turbo dan mesin berkode B47 berkapasitas 2000cc untuk varian Diesel.

Untuk BMW 520d dapat menghasilkan tenaga sebesar 190 hp pada putaran 4.000 rpm. Torsi yang dihasilkannya 400 Nm pada putaran 1.750-2.500 rpm. Mobil ini mempunyai 8 transmisi percepatan otomatis.Sementara BMW 530i M Sport mampu menyemburkan tenaga sebesar 252 hp dan torsi 350 Nm pada putaran 1.450-4.800 rpm.

Apakah untuk pasar Indonesia akan mengadopsi teknologi yang sama dengan pasar Thailand? Kita tunggu saja nanti kehadirannya di IIMS atau GIIAS 2017.
[Gilang Budiman]