GIIAS “New Normal” 2020, Aman Dengan Protokol Kesehatan Maksimal

AFTERMARKETPLUS.id – Perhelatan pameran tahunan otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di Surabaya dan BSD Tangerang pada September dan Oktober mendatang akan dilengkapi protokol kesehatan secara maksimal.

Mulai dari pengecekan suhu tubuh, kewajiban penggunaan masker hingga penyediaan alat kebersihan.

Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan hal ini dilakukan sebagai bentuk “New Normal” demi kenyamanan dan keamanan pihak APM hingga pengunjung nantinya.

“Kita ingin mendongkrak lesunya industri otomotif dengan pameran tentunya, namun tetap mengutamakan kesehatan sebagaimana yang telah diatur oleh pemerintah melalui protokol kesehatan,” jelas Kukuh kepada aftermarketplus.id (5/6/2020).

Ia juga optimis pandemi Covid-19 dapat mereda sehingga acara tetap bisa dilaksanakan. Sebab, perkembangan pandemi saat ini menjadi pertimbangan besar apakah acara bisa berlangsung atau justru dibatalkan.

“Kita kemarin sudah coba dengan pameran Gaikindo International Commercial Vehicle (Giicomvec) maret 2020 lalu dengan pengecekan suhu tubuh saat awal pandemi masuk ke Indonesia. Tentunya saat ‘New Normal’ pada pameran nanti kita bisa lebih berpengalaman,” terang Kukuh.

Terkait Agen Pemegang Merk (APM) yang tidak mengikuti pameran GIIAS tahun ini, Kukuh berujar bahwa hal tersebut menjadi pertimbangan masing-masing dari APM. Namun ia menekankan, pameran GIIAS merupakan kesempatan bagi APM otomotif untuk meningkatkan penjualan yang selama pandemi Covid-19 lesu.

Saat ditanyakan aftermarketplus.id mengenai GIIAS di Surabaya dan BSD Tangerang, Kukuh menerangkan bahwa dua lokasi tersebut dapat dijangkau mudah untuk persiapan APM di tengah pandemi.

Ia beralasan, GIIAS bisa saja diadakan di Makassar. Namun hal tersebut kurang efisien dari lokasi yang jauh untuk persiapan dan waktu yang terbatas.

[Sigit Akbar]