Hati-Hati Kelebihan Muatan, Klaim Asuransi Bisa Tidak Diganti

AFTERMARKETPLUS.id – Seringkali ketika kita melakukan perjalanan jauh membawa barang atau penumpang yang melebihi dari kapasitas maksimal mobil yang kita kendarai. Tentu hal ini dapat berisiko membahayakan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Lalu bagaimana dengana asuransi mobil yang kecelakaannya diakibatkan oleh kelebihan muatan?

Jika terbukti salah satu penyebab kecelakaan memang terjadi karena adanya kelebihan muatan seperti misalnya kapasitas mobil Anda hanya memiliki tujuh seater, namun ternyata saat kecelakaan terjadi penumpang di dalam mobil terdapat 12 orang, maka pihak asuransi tidak dapat membantu untuk klaim asuransi.

Pengecualian ini sesuai dengan yang tertuang pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II Pengecualian Pasal 3 ayat 1.4 yang berisi:

“1.4. Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan oleh pabrikan jika hal tersebut tidak diatur oleh pihak yang berwenang.”

Maka dari itu selalu utamakan keselamatan, patut untuk selalu diingat bahwa saat Anda berkendara, keamanan adalah hal terpenting yang harus diutamakan. Dengan mengutamakan keamanan dan keselematan, perjalananpun akan semakin nyaman dan menyenangkan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses melalui GardaOto.com atau bisa menghubungi Garda Akses yaitu call center Asuransi Astra di nomor 1-500-112.

[EYD]