Hindari Kerugian Lebih Besar, Tangani Mobil Terendam Banjir Secara Benar

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Di musibah banjir yang melanda di sejumlah wilayah JABODETABEK awal tahun 2020, banyak mobil yang sudah terendam air atau bahkan hanyut terbawa arus banjir.

Dianjurkan untuk seluruh pemilik mobil mengetahui cara penanganan pertama yang paling tepat pada mobil yang terendam banjir. Bila salah pada penanganan pertama, dikhawatirkan akan memperparah kerusakan pada mobil yang akan menyebabkan kerugian yang ditanggung akan menjadi semakin besar.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/aktual/nekat-menerobos-banjir-ini-komponen-yang-harus-dikroscek-sob

“Mobil yang sudah terendam air setinggi ban hingga sampai jok, dianjurkan untuk jangan menghidupkan starter mobil karena kemungkinan ada beberapa komponen elektrikal yang sudah terendam air yang akan berpotensi memperparah kerusakan pada mesin mobil. Untuk pemilik mobil hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk melepas kabel aki. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting,” terang L. Iwan Pranoto, SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/oto-pintar/serahkan-ke-ahlinya-dan-jangan-langsung-starter-setelah-kendaraan-terendam-banjir

Mengingat besarnya risiko kerugian kendaraan yang diakibatkan oleh banjir, ada baiknya Anda melengkapi perlindungan untuk mobil kesayangan Anda dengan proteksi asuransi mobil dengan perluasan jaminan banjir dari Asuransi Garda Oto.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/aktual/tips-5-langkah-pertolongan-pertama-setelah-mobil-terendam-banjir

Namun perlu diingat lagi, bagi pelanggan yang sudah memiliki perluasan polis jaminan banjir untuk tidak nekat atau secara sengaja menerjang banjir saat kondisi jalan tidak lagi memungkinkan untuk dilalui, karena klaim asuransi mobil Anda dapat gugur karena faktor kesengajaan untuk menerobos banjir.

[EYD]