MANCANEGARA, AFTERMARKETPLUS – Hyundai memberikan sinyalemen panas bagi kontestan di segmen Medium Hatchback dengan melahirkan Hyundai i30N.
Pasalnya meski untuk kebutuhan di jalan raya, pengembangan mobil ini justru dilakukan di sirkuit Nurburgring untuk mengasah performa dan handling.
Hal ini jelas suguhan yang berbeda, dan membuktikan jika Hyundai tampaknya tidak main-main dalam mengembangkan i30N yang baru.
Hyundai i30N diposisikan untuk menjadi pesaing ketat bagi VW Golf GTI, Ford Focus ST dan Seat Leon Cupra.
Mobil ini lahir dengan sasis yang diasah di Nurburgring dan disetel oleh para ahli. Termasuk di dalam tim pengembangan i30N ialah Albert Biermann.
Biermann sendiri merupakan kepala pengembangan divisi BMW M, jadi jangan ragu jika i30N diciptakan oleh orang-orang yang tahu apa yang mereka lakukan.
Alih-alih mengejar sisi performa terbaik, Hyundai lebih memilih untuk memberi i30N karakter yang lebih ramah untuk berkendara harian. Resep yang sama dengan VW yang disempurnakan dengan pengendalian Golf GTI.
Hyundai i30N menawarkan tenaga yang lebih lebih perkasa dibanding VW Golf GTI . Hal ini berkat penggunaan mesin 2.000 cc turbocharged yang menghasilkan tenaga 247 dk dalam versi regular atau 271 dk untuk i30N versi performa.
Menariknya lagi, Hyundai mampu mengemas Hatchback ini dengan harga yang jauh lebih murah dibanding para rivalnya.
Hhmmm tentu sangat menarik jika model ini diboyong ke Indonesia. [MNR/GRD]