INOVASI DIGITALISASI LAYANAN BAWA ASURANSI ASTRA JADI PERUSAHAAN DENGAN CITRA TERBAIK

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Asuransi Astra baru saja meraih penghargaan Corporate Image Award 2017 sebagai perusahaan yang memiliki citra terbaik di industri asuransi mobil melalui salah satu produknya, Garda Oto.

Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Ida R. M. Sigalingging, Chief Corporate Services Officer Asuransi Astra di Hotel Mulia, Jakarta (9/6).

Penghargaan yang diberikan oleh Frontier Consulting Group bekerja sama dengan Majalah Tempo ini diberikan kepada produk atau perusahaan yang mampu membangun dan memelihara citra positif perusahaannya.

Dalam hal ini, Asuransi Astra dinilai mampu memelihara citra positif dengan komitmen yang ditunjukkan untuk melayani dan memperhatikan berbagai kebutuhan pelanggan.

Melalui inovasi digitalisasi layanan, Asuransi Astra terus berupaya menghadirkan berbagai kemudahan. Sebut saja salah satunya Garda Mobile Otocare yang diluncurkan sejak 2015.

Aplikasi mobile ini diperuntukkan bagi pelanggan dan non-pelanggan Garda Oto. Ada pula website gomitra.com yang menjadi penunjang para agen asuransi dalam memasarkan Garda Oto.

Selain itu, tentu saja Asuransi Astra memiliki website resmi asuransiastra.com dan saluran-saluran media sosial seperti Instagram @garda.oto, Face Book Garda Oto dan Youtube Asuransi Astra.

Hal ini dibuktikan pula secara valid melalui serangkaian penelitian dengan metode survei yang dilakukan tertutup kepada responden yang dibagi menjadi empat kelompok, yaitu kalangan manajemen/pelaku bisnis, stockholder/investor, jurnalis, dan publik.

Kriteria responden manajemen adalah mereka yang mempunyai jabatan minimal manajer dan berusia 30 sampai 65 tahun.

Responden investor diambil dari mereka yang melakukan transaksi saham dalam satu tahun terakhir dalam bentuk saham, obligasi, atau reksadana dengan rentang usia dari 30 sampai 65 tahun.

Responden jurnalis adalah mereka yang berprofesi sebagai jurnalis ekonomi dan industri yang berusia 25 hingga 40 tahun. Sedangkan responden publik diambil dari masyarakat umum yang berusia 26 sampai 65 tahun dan minimal memiliki SES A.

Sebanyak 3.000 responden dilibatkan dalam riset ini melalui face to face interview, purposive sampling, dan multistage area random sampling. Pengukurannya sendiri menggunakan empat dimensi, yaitu Quality, Performance, Responsibility, dan Attractiveness. Dimensi Quality terdiri dari empat atribut, yaitu perhatian terhadap konsumen tinggi, produk/jasa berkualitas tinggi, perusahaan yang dapat dipercaya, dan perusahaan yang inovatif.

Dimensi Performance terdiri dari dua atribut yakni perusahaan yang memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang dan perusahaan yang dikelola dengan baik.

Dimensi Responsibility-pun memiliki dua atribut yaitu perusahaan yang peduli dengan lingkungan dan perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial.

Terakhir yaitu Attractiveness. Dimensi ini terdiri dari atribut perusahaan merupakan tempat kerja idaman dan perusahaan memiliki karyawan yang berkualitas.

Dalam Corporate Image Award 2017, Asuransi Astra mendapatkan nilai indeks sebesar 1.724 atau yang terbaik di kategori asuransi mobil.

Menurut Ida, langkah Asuransi Astra untuk terms berinovasi dalam dunia digital masih panjang.

“Layanan digital yang kami buat masih akan terus dikembangkan sesuai komitmen kami untuk memberikan peace of mind kepada para pelanggan. Melakukkan digitalisasi layanan di industri asuransi umum itu memang tidak mudah. Jadi, hal itulah yang menjadi tantangan kami agar tetap leading di industri dengan image yang baik,” imbuh Ida. [AKR]