JUAL MOBIL MODIFIKASI

Foto: Aftermarketplus

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Memodifikasi mobil kesayangan Anda dapat menyebabkan turunnya harga jual. Modifikasi apa saja yang dapat menurunkan harga jual mobil kesayangan Anda?

Terkadang kita tidak puas dengan tampilan standar mobil kesayangan kita. Beberapa modifikasi pun suka kita lakukan. Mulai dari modifikasi ringan hingga modifikasi yang lebih extreme hingga merusak bagian mobil.

Yang dikatakan modifikasi ringan adalah dengan mengganti pelek dengan diameter yang lebih besar, mengganti bohlam pada lampu bagian luar maupun dalam, dan lain-lain.

[cml_media_alt id='6937']JUAL MODIF 3[/cml_media_alt]

Sementara itu yang dikatakan modifikasi extreme adalah, dengan mengganti cat mobil dengan warna lain, memasang sun roof dengan memotong bagian atap mobil, mengganti perangkat audio hingga merusak bagian interior mobil, melipat dan memotong bagian dalam fender untuk menghindari “gesrot” pada ban karena mobil diganti per yang lebih pendek, melapis ulang bahan jok hingga interior mobil, dan lain-lain.

Jika mobil sudah dimodifikasi sesuai dengan kepuasan pemilik, tentu akan susah dijual pada sebagian konsumen. Karena tidak semua orang menyukai mobil yang sudah di modifikasi.

“Beberapa kali pernah ada orang yang datang mau tukar tambah di gerai mobil bekas saya. Tapi mobilnya sudah dimodifikasi. Dia menawarkan dengan harga yang lebih tinggi dari pasar dengan alas an sudah melakukan beberapa modifikasi. Tentu saya tidak berani membeli dengan harga diatas pasar, bahkan saya berani belinya dengan harga jauh dibawah pasar karena harus membalikan mobil dalam keadaan standart lagi,” ujar Arfi Bawazier selaku pemilik gerai mobil bekas Arfi Motor diwilayah Rawamangun, Jakarta Pusat.

[cml_media_alt id='6938']JUAL MODIF 2[/cml_media_alt]

Arfi juga menambahkan bahwa dulu dia pernah mendapatkan Honda Jazz sudah dimodifikasi. Joknya sudah dilapis ulang dengan bahan bukan kulit dan pengerjaannya kurang baik. Lakunya cukup lama dan terjual dengan harga dibawah pasaran 5 jt.

“Untuk membalikan mobil dalam keadaan standart lagi pun tidak mudah. Ada beberapa bagian yang sulit ditemukan suku cadangnya. Seperti knalpot, pelek standart, bagian interior yang diganti karena pemasangan perangkat audio, bagian pada mesin seperti filter udara, kabel busi, dan lain-lain,” tambah pria berkulit putih ini.

Tidak Semua Modifikasi Menurunkan Harga

Meskipun begitu ada beberapa modifikasi yang justru bisa menaikan harga jual mobil. Jenis modifikasi ini adalah, modifikasi yang menambah option standart mobil tersebut. Sebagai contoh, mobil Anda Toyota Inova type G sudah ditambah optionalnya jadi seperti Toyota Inova type V.

Selain itu ada beberapa mobil yang mempunyai optional berbeda dengan mobil yang ada di luar negri. Seperti pada BMW, Mercedez, dan lain-lain keluaran 5 tahun lalu.

[cml_media_alt id='6935']MODIFIKASI[/cml_media_alt]

Seperti contoh multifunction steer, cruise control, dan lain-lain. Jika mobil kita sudah dimodifikasi dengan menambahkan optional tersebut maka akan meningkatkan harga jualnya.

“Biasanya kita bisa jual dengan harga lebih tinggi sekitar 5-10 juta tergantung merek dan jenis mobilnya. Tentu harus didudukung dengan kondisi mobilnya juga,” tambah Arfi.

About Gilang Budiman 495 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website