Kampanye Honda #AmanDiJalan Bersama Konsumen dan Komunitas

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Konsep safety yang digelar Honda saat Indonesian International Motor Show 2018 lalu, terus berlanjut dengan menggelar kampanye Honda #AmanDiJalan bersama konsumen dan komunitas.

Sebagai bagian dari kampanye global ‘Safety For Everyone’, Honda menyelenggarakan program aman di jalan bertajuk ‘Honda Safety Driving Clinic’ di sirkuit Sentul, Jawa Barat (15/7).

Jonfis Fandy selaku Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa slogan ‘safety for everyone’, Honda mempunyai visi untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi seluruh pengguna jalan.

QB

Untuk itu, tidak cukup dengan menciptakan mobil dengan segudang fitur keselamatan yang lengkap, tetapi juga harus didukung edukasi untuk pengemudinya agar selalu berkendara aman. Sesuai dengan karakter Honda , kami mengemas acara ini dengan aura balap yang kental.

“DNA Honda adalah Racing. Dalam Honda Safety Driving Clinic ini, safety dan racing akan saling berhubungan,” promo Yulian Karfili, PR Assistant Manager PT HPM.

Alvin Bahar selaku pembalap Honda Racing Team pun menambahkan bahwa balapan merupakan penerapan safety, tapi di kecepatan tinggi. Dimana mobil akan mencapai titik kritisnya.

Setelah melewati sesi di dalam kelas, seluruh peserta akan mencoba langsung dalam simulasi yang dibuat menyerupai kondisi sehari-hari dan ekstrim.

Para peserta akan diajarkan untuk penguasaan mobil di jalan sempit dan penerapan teknologi rem ABS yang merupakan fitur standar di Honda.

Kemudian sesi ‘slippery road’ merupakan penerapan kondisi mobil saat melewati jalan licin. Jadi Honda Jazz yang dijadikan unit tes akan menghadapi tantangan slalom untuk mempelajari titik kritis dari grip ban di kendaraan.

Tak hanya itu, penguasaan saat mobil mengalami understeer dan oversteer disimulasikan dengan menggunakan skid wheel. Jadi ban belakang tidak mendapat grip sama sekali sehingga diperlukan kehalusan dalam mengolah kemudi agar mobil tidak mudah mengalami understeer atau oversteer.

Safety Driving Clinic mampu menunjukan bahwa berlatih berkendara aman juga dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 138 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )