Kenapa Toyota C-HR Dihargai Hampir Setengah Miliar? Ini Jawabannya!

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Mobil terbaru dari Toyota, yaitu Toyota C-HR, sempat menjadi perbincangan masyarakat luas sejak sebelum dirilis.

Ditambah lagi, mobil jenis Crossover ini memiliki harga nyaris setengah miliar, yaitu Rp 488,5 juta sampai Rp 490 juta on the road Jakarta.

Apa sih yang membuatnya mahal? Namun Toyota punya alasan mengapa mobil ini bisa dilego cukup mahal. “Ada yang berbeda dengan all new Toyota C-HR dengan yang lainnya. Salah satunya penggunaan platform TNGA (Toyota New Global Architecture),” ujar Gandhi Ahimsa Putra, selaku Product Knowledge Planning Division PT Toyota Astra Motor.

“TNGA itu satu perubahan pada Toyota untuk mobil-mobilnya. Dan itu dilakukan Toyota secara menyeluruh untuk global. Alhamdulilah kita sudah mendapatkanya unit TNGA, salah satunya Toyota C-HR. Tapi di negara lain sudah ada Toyota Prius dan Auris,” imbuh Gandhi di acara media First Impression Toyota C-HR di kawasan Ancol, Jakarta Utara(3/5).

“Dengan penggunaan platform TNGA, maka hal ini membuat Toyota C-HR memiliki lima keunggulan, dibandingkan dengan produk lain yang tidak disematkan TNGA,” lanjut Gandhi.

Pria yang hobi bermain sepak bola itu menambahkan bahwa keunggulan TNGA yang pertama adalah Driving Quality. Anda bisa merasakan bagaimana performa mobil ini di jalanan seperti di Jakarta.

Keunggulan ini bisa dirasakan mulai dari perfoma engine yang dihasilkan, hingga handling saat berada di kursi mengemudi.

“Selain itu, keunggulan kedua dari mobil ini lebih comfort. Karena suspensinya juga sudah menggunakan sistem double wishbone belakang dan MacPherson Strut pada bagian depan,” lanjutnya.

“Keunggulan ketiga dari Toyota C-HR disebut karena friendliness. Hal ini dikarenakan ada sejumlah fitur yang dapat memanjakan atau memudahkan konsumen,” lanjut pria lulusan SMA Labschool Rawamangun ini.

Fitur tersebut adalah dengan terdapatnya layar tujuh inci yang dapat terkoneksi dengan DVD, Bluetooth, USB, AUX, weblink application dengan multi-tasking window. Lalu AC dual zone dengan angka penunjuk suhu model digital.

Selain itu ada juga teknologi lumbar yang tersimpan di kursi pengemudi yang dioperasikan secara elektrik, serta ada pula cruise control, G-Force indicator serta driving mode (ECO, NORMAL & SPORT).

“Keunggulan keempat dari mobil tersebut pride of ownership. Hal ini karena desain Toyota C-HR lebih emosional daripada desain mobil Toyota pada umumnya. Sedangkan keunggulan kelima dari mobil ini yaitu safety,” tutup Gandhi.

Mobil crossover ini memang kaya akan fitur keselamatan, antara lain blind spot monitor hingga rear cross traffic alert, rearview monitor system, vehicle stability control (VSC), anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), braking assist (BA), hill-start assist control (HAC), traction control, auto-brake-hold, impact absorbing structure serta isofix child restrain system.

Selain itu, tersedia pula tujuh kantong udara, yang terdapat di depan pengemudi dan penumpang, samping kanan-kiri, hingga lutut.

Ingin mengetahui rasa berkendaranya? Kami akan menceritakan rasa berkendara dengan fitur TNGA tersebut. Pantau terus aftermarketplus.id.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 236 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website