KESAMAAN MINAT BELI MOBIL DI INDONESIA DAN AMERIKA

Foto: Istimewa

MANCANEGARA, AFTERMARKETPLUS – Berdasarkan laporan New York Times pada awal minggu ke-4 Desember 2016, minat beli konsumen pada kendaraan berdesain sport utility vehicle khususnya yang berukuran kecil dan sedang semakin tinggi.

“Pasar (di Amerika Serikat) kini tidak terlalu berminat pada mobil berdesain sedan,” kata Matt DeLorenzo, seorang analis dari perusahaan riset Kelley Blue Book di Amerika.

Business Wire, perusahaan PR berskala global dan telah berusia lebih dari 50 tahun, pada pekan kedua Desember 2016 juga menurunkan laporan senada bahkan disertai prediksi hingga tahun 2021, jika tumbuhanya minat beli konsumen di Amerika Serikat pada mobil berdesain kecil dan sedang sejalan dengan ekspektasi pada mobil berkapasitas mesin lebih rendah akan berlangsung terus hingga lima tahun ke depan.

Pihak pabrikan pun menyesuaikan ekspektasi konsumen dalam hal produksi mesin berkapasitas lebih kecil, tanpa mengorbankan output tenaga yang dihasilkan dengan menambahkan perangkat turbocharger.

Konsumen mobil baru di Amerika Serikat juga semakin peduli pada kenyamanan dan efisiensi konsumsi BBM selama berkendara. Salah satu pertanda dengan naiknya minat beli konsumen pada mobil baru yang menggunakan sistem transmisi CVT, mengingat selain mengedepankan kenyamanan, sistem transmisi CVT generasi terbaru memiliki tingkat konsumsi BBM paling efisien dibanding model transmisi lainnya.

Minat beli konsumen di Amerika Serikat ini sekaligus menjadi jembatan bagi mobil-mobil baru berbahan bakar alternatif. Pasalnya perkembangan produksi mobil-mobil baru berbahan bakar alternatif seperti mobil listrik atau yang menggunakan gas alam selain lebih ramah lingkungan dengan menghasilkan emisi rendah, peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar, juga tetap mampu mengakomodir kebutuhan level performa kendaraan yang diharapkan konsumen.

Gambaran minat beli konsumen di Amerika Serikat ini ada kemiripan dengan perkembangan minat konsumen di Indonesia.

Sejak era kebijakan kendaraan LCGC diberlakukan, minat beli konsumen pada mobil-mobil berdesain kecil dan sedang serta berkapasitas mesin lebih rendah juga meningkat. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan contoh paling sederhana. Demikian pula mobil dengan harga terjangkau bertransmisi CVT, Suzuki telah melansirnya melalui Celerio. (Derry Journey)