Kesuksesan Pikap Mitsubishi Selama 40 Tahun

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Tahun 1978, Mitsubishi meluncurkan sebuah mobil pengangkut pertamanya dimana mampu menghadirkan mobilitas bagi 4,7 juta orang, yaitu pikap 1 ton Mitsubishi.

Kendaraan tersebut adalah sebuah pikap yang mampu menempuh semua jenis medan dimanapun di seluruh planet ini. Sebuah kendaraan yang dikembangkan dengan arahan desain, untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah pikap dengan keandalan yang luar biasa, daya tahan dan performa daya angkut, dengan pengendalian, utilitas, kenyamanan dan pengendaraaan yang dapat disamakan dengan sebuah sedan.

Model pertama dinamakan dengan Forte, sementara di beberapa pasar ekspor menggunakan nama lain seperti L200 yang masih digunakan hingga saat ini. Sejak awal, Forte dirancang untuk menghadirkan moda transportasi yang tangguh dan dapat diandalkan untuk penumpang dan angkutan barang.

Forte dikembangkan untuk memberikan kapasitas angkut 1 ton namun tetap mudah untuk dikendarai melalui kombinasi kehandalan yang tangguh dan kapasitas angkut yang impresif. Kombinasi ini segera menjadi favorit di seluruh dunia, dari daerah dingin bersalju hingga wilayah gurun pasir yang sangat panas.

Untuk memastikan konsumen dapat melaju lebih jauh, Mitsubishi Motors membangun warisan four-wheel-drive dengan menambahkan versi 4×4 pada tahun 1980. Model ini menjadi fondasi bagi kendaraan 4WD Mitsubishi saat ini, seperti Pajero atau Montero dan Delica.

Model pikap generasi selanjutnya ini adalah Triton dan memberikan dampak yang mendalam pada bisnis Mitsubishi Motors. Platform generasi pertama dan kedua diproduksi di Pabrik Ohe Mitsubishi Motors. Sejak generasi ketiga yang hadir pada 1995, produksi model ini dipusatkan di Pabrik Laem Chabang di Thailand dan diekspor ke seluruh dunia. Pabrik ini merupakan pabrik terbesar Mitsubishi Motors saat ini dengan kapasitas produksi sekitar 400.000 kendaraan.

Berikut adalah pengingat dari generasi pendahulu model Forte, Triton dan L200, serta sekilas informasi tentang model ini di masa depan.

Generasi Pertama

September 1978

Forte merupakan truk pikap 1 ton yang diperkenalkan di Jepang dan diekspor dengan nama Mitsubishi Truck dan L200. Produk ini juga di ekspor ke Amerika Utara pada Oktober.

Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Ditenagai oleh mesin bensin dengan kapasitas 2.000cc dan dengan pilihan mesin berkapasitas 2.600 cc untuk pasar Amerika Utara dan 1.600 cc untuk pasar Jepang dan region lain. Pilihan mesin diesel berkapasitas 2.300 cc juga tersedia untuk pasar ekspor umum.

Oktober 1980

pada tahun 1980, Mitsubishi menambahkan sistem 4WD part-time pada mobil ini.

Generasi Kedua

Maret 1986

Pada tahun 1986 terjadi pergantian model total. Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan: Single Cab, Club Cab, dan Double Cab dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab. Pilihan penggerak 2WD dan 4WD tersedia dengan pilihan mesin bensin 2.000 cc, bensin 2.600 dan diesel 2.500 cc dmn sebelumnya hanya 2300 cc.

Mei 1991

Pada tahun 1991, mobil ini diperkenalkan dengan nama Strada untuk pasar Jepang (khusus Double Cab).

Generasi Ketiga

November 1995

Model truk pikap baru L200 Strada diperkenalkan di Thailand dan diproduksi dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang untuk ekspor ke seluruh dunia.

Tiga variasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2.500 cc atau 2.800 cc dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem inovatif “Easy Select 4WD”.

Generasi Keempat

Agustus 2005

Pikap Triton baru diperkenalkan di Thailand dan penjualan di pasar lain juga dimulai secara berurutan setelah peluncurannya di Thailand.

Hadir dengan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dan Double Cab yang ditenagai oleh mesin diesel common-rail pengembangan terbaru 2.500 cc dan 3.200 cc. Tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD yang dilengkapi dengan sistem “Easy Select 4WD” atau “Super Select 4WD”.

Generasi Kelima

November 2014

Generasi kelima diluncurkan di Thailand yang diikuti dengan penjualan di negara lain.
Menggunakan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dua pintu, dan Double Cab. Powertrain adalah mesin diesel pengembangan terbaru 2.400 cc MIVEC turbo, 2.500 cc turbo, dan mesin bensin 2.400 cc. Tersedia dalam pilihan drivetrain 2WD dan 4WD yang tersedia dengan sistem “Super Select 4WD-II” yang mengadopsi electronic actuator.

Lalu bagaimanakah dengan sejarah mobil pikap ini di ciptakan oleh Mitsubishi?

Generasi Pertama 1978 FORTE/L200

Pada masa ini ada permintaan yang besar di luar negeri, khususnya di Amerika Utara terhadap sebuah truk pikap kecil yang dapat digunakan untuk berkendara sehari-hari ke sekolah dan bekerja dan juga untuk rekreasi.

Tantangan itu dijawab oleh Mitsubishi Motors dengan memperkenalkan truk pikap 1 ton pertamanya dengan nama Forte pada September 1978, dan mulai mengekspor ke Amerika Utara pada bulan Oktober. Nama Forte diambil dari bahasa Italia yang bermakna “kuat”.

Prototipe kendaraan ini melewati serangkaian uji ketangguhan yang dilakukan di Amerika Utara, Thailand, dan Arab Saudi untuk memastikan kehandalannya. Sekitar 657.000 unit kendaraan diproduksi di pabrik Ohe di Jepang dan sebagian diproduksi di pabrik Laem Chabang di Thailand.

Desain dari model ini mengambil contoh dari sedan kompak Galant Σ, dengan hidung yang panjang dan air-dam yang pertama kali digunakan pada truk, dan empat lampu depan yang berbentuk bulat. Dengan lebar 1.360mm dan wheelbase 2.780mm untuk memastikan stabilitas pengandaraan yang luar biasa.

Rangka yang digunakan juga sangat canggih untuk sebuah kendaraan komersial, dengan rem cakram pada roda depan, suspensi depan menggunakan double wishbone atau coil spring, dan per daun serta rigid axle pada bagian belakang.

Interior yang sangat kedap dihasilkan melalui pendekatan tanpa kompromi pada performa NVH, termasuk dengan penggunaan prop shaft 2 bagian dan penggunaan material segel yang ditempatkan dengan sangat baik.

Pengaruh Mitsubishi Motors dengan pengalaman bertahun-tahun memproduksi Jeep, dan penambahan sistem penggerak 4WD part time yang baru dikembangkan yang disambungkan langsung dengan silent chain. Sistem ini mereduksi kebisingan gear dan tenaga yang hilang, serta memungkinkan pengendaraan kecepatan tinggi.

Generasi Kedua 1986 STRADA/L200

Pada Maret 1986 model ini mendapatkan ubahan menyeluruh. Sisi eksterior mendapatkan ubahan yang berkelas melalui desain grille depan yang baru dan beberapa ubahan detail lainnya. Garis desain memberikan kesan tangguh, modern dan efisien terhadap udara.

Beragam pilihan konfigurasi ditawarkan termasuk tiga tipe bodi kendaraan yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab, dimana pilihan bodi pendek dan panjang juga tersedia untuk varian Single Cab.

Penamaan juga mengalami perubahan seiring dengan hadirnya double-cab Strada di Jepang pada 1991. Model ini juga dikenal dengan nama Mighty Max di Amerika Utara, Triton di Australia, dan L200 di daerah lain. Di Amerika Utara, model ini juga dijual oleh Dodge dengan nama RAM 50.

Secara total, model generasi kedua ini diproduksi sekitar 1.146.000 unit yang diproduksi di pabrik Ohe di Jepang dan pabrik Laem Chabang di Thailand.

Generasi Ketiga 1995 STRADA/L200

Produksi Strada/L200 generasi ketiga dimulai pada November 1995 di Thailand. Interior dan eksterior mendapatkan ubahan total untuk memberikan kesan yang khas dan canggih.

Desain baru ini merefleksikan kebutuhan konsumen akan sebuah truk pikap yang juga mampu menjadi kendaraan penumpang untuk penggunaan pribadi. Model ini diposisikan sebagai kendaraan dengan kapasitas lima penumpang yang cukup nyaman dan dapat diandalkan untuk kegiatan rekreasi dan komersil.

Tenaga dan kemampuan off-road ditingkatkan melalui penggunaan mesin turbodiesel 2.500 cc intercooled dan fitur baru “Easy Select 4WD”. Keamanan dan perlengkapan juga ditingkatkan untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang terbiasa dengan kenyamanan sekelas kendaraan penumpang.

Strada/L200 dijual di Thailand dan juga diekspor ke Eropa, Oceania, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika. Secara total sekitar 1.046.000 kendaraan diproduksi.

Generasi Keempat 2005 Triton/L200

Pada Agustus 2005, model ini mendapatkan ubahan total setelah diperkenalkan di Thailand pada 2005 dan diekspor secara bertahap hingga mencapai 150 negara, dan menjadi model penting bagi strategi global Mitsubishi Motors.

Triton/L200 dikembangkan dengan tiga fitur utama yang memungkinkan model ini untuk menaklukkan dunia. Pertama, kendaraan ini harus melampaui persyaratan performa sebuah truk pikap seperti nilai ekonomis, kuat, dan dapat diandalkan. Kedua, harus memiliki standar kualitas tertinggi guna memperkuat merek dalam skala global. Dan terakhir, harus memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat beragam, tidak hanya menjadi kendaraan komersial saja.

Fitur yang menjadi ciri khas model generasi keempat ini antara lain desain interior dan eksterior yang inovatif yang menunjukkan cita rasa sporty dan stylish. Kemasan secara keseluruhan menghadirkan interior yang paling lega di kelasnya, sementara suspensi dan perlengkapan interior memberikan kenyamanan berkendara yang mampu menandingi kendaraan penumpang.

Elemen-elemen ini tidak hanya memperlihatkan sisi inovatif dari Triton/L200 di pasar itu sendiri, tapi menghilangkan citra bahwa truk pikap hanya dapat digunakan sebagai kendaraan komersial. Hal ini memperluas basis konsumen truk pikap Mitsubishi Motors secara signifikan.

Mesin diesel pengembangan terbaru dengan direct injection common rail menghasilkan tenaga yang besar dengan konsumsi bahan bakar, emisi gas buang dan tingkat kebisingan yang rendah. Bodi yang baru juga mampu meraih tingkatan tertinggi kemampuan menahan benturan di kelasnya. Partisipasi pada Dakar Rally dan kompetisi lainnya menghasilkan performa off road 4WD yang superior dan memberitahukan kepada dunia tentang ketangguhan Triton/L200.

Generasi Kelima 2014 Triton/L200

Generasi kelima pikap terkuat ini hadir pada 2014 dan memperjelas konsepnya untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan konsumen yang semakin meningkat. Peningkatan penggunaan dan daya tahan untuk kebutuhan komersial, kesan sporty yang mudah dan menyenangkan untuk dikendarai, kualitas yang memuaskan konsumen, dan kenyamanan bagi seluruh penumpang merupakan seluruh kualitas yang diwujudkan oleh mobil ini, dan berevolusi menjadi “ultimate sport utility truck.”

Tiga opsi kabin ditawarkan bagi konsumen untuk masing-masing kebutuhan: Single Cab, Double Cab, dan Club Cab pintu ganda.

Mesin 2.500cc turbodiesel dan 2.400 cc bensin yang telah dikembangkan hadir bersama dengan mesin baru 2.400 cc MIVEC “clean” turbodiesel. Mesin ini mampu memberikan performa luar biasa dengan keiritan konsumsi bahan bakar terbaik dan emisi CO2 yang rendah. Transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 5 percepatan dengan sport mode juga ditawarkan untuk pertama kalinya.

Sistem 4WD juga terus dikembangkan. Sistem “Easy Select 4WD” memiliki tiga posisi: 2H, 4H, 4L untuk memberikan traksi maksimal yang sesuai dengan kondisi jalan, dan “Super Select 4WD-II” yang hadir dengan electronic actuator.

Opsi penggerak 2WD tetap ditawarkan, termasuk versi standar dan versi “High Rider” yang memiliki ground clearance yang sama dengan varian 4WD untuk meningkatkan performa di jalan yang rusak.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 253 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website