Kupas Tuntas Suzuki Jimny Yang Membius Pengunjung GIIAS 2018

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sukses menghadirkan primadona di panggung Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018. Apalagi kalau bukan si SUV mungil legendaris Suzuki Jimny.

Sederet pembaruan sudah menyertai Jimny generasi keempat sehingga ia mampu menjadi magnet tersendiri. Dari mulai bagian eksterior yang kini lebih mengotak jika dibanding Jimny generasi ketiga yang hanya dijual sebanyak 88 unit saja di Indonesia.

Untuk Suzuki Jimny terbaru terbagi dalam 2 model yakni Jimny biasa dan juga Jimny Sierra. Dan unit yang diboyong PT SIS sendiri merupakan Jimny Sierra dalam warna hijau army dan kuning.

Oke sekarang mari kita ulas satu persatu mulai eksterior yang punya dimensi panjang 3.654 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.725 mm. Pada wajahnya, Jimnya setia menggunakan lampu utama bulat dan proyektor LED sehingga tidak saja lebih terang saat pengendaraan di malam hari tapi juga lebih hemat daya.

Lampu utama tersebut bersanding dengan 5 bilah gril vertikal yang tegas. Sementara bumper depan warna hitam doff dibuat lebih besar namun dengan material lembut. Hal ini bukan tanpa alasan karena ketika Jimny terlibat insiden dengan pejalan kaki, bumper yang lembut ini akan mengurangi risiko cidera.

PLA

Bergerak ke samping, Jimny Sierra ini dilengkapi over fender hitam. Fender ini jadi rumah bagi pelek palang warna metal gun dengan ban berukuran 195/80 R15. Sementara di buritan ada kaca besar berbentuk persegi panjang lengkap dengan ban cadangan menggantung yang jadi ciri khasnya.

Masuk ke kabin Jimny, kita disughkan aura yang minimalis. Bahkan kalau diperhatikan ada beberapa unsur dashboard Suzuki Ignis dan Suzuki Swift seperti pada Multi Information Display (MID) serta kontrol Air Conditioner (AC).

Namun yang unik ada semacam pegangan di sisi kiri dasbor yang bisa dimaksimalkan penumpang ketika mobil masuk ke medan off-road yang berayun. Bukaan kacanya sudah elektris melalui tombol yang ditempatkan di sisi tengah dashboard. Simpel dan fungsional nih Sob.

Beranjak ke jok baris kedua, akses masuk hanya tersedia melalui pintu penumpang di kiri. Tinggal tarik satu tuas, maka jok penumpang depan akan reclining ke depan dan bisa dimajukan sebagai akses masuk.

Untuk kami setinggi 172 cm, duduk di jok baris kedua tidak ada masalah dengan ruang kaki dan ruang kepala. Juga dengan headrest yang bisa disetel biar saat perjalanan jauh menjadi lebih nyaman.

Nah, hal penting lain dari Jimny generasi keempat ini ia sudah menggunakan mesin berkapasitas lebih besar. Walau bukan mesin khusus untuk Jimny karena ini adalah unit K15B yang sama seperti mesin di Ertiga terbaru.

Mesin 1.462cc 4 silinder ini memproduksi tenaga 102 dk dan torsi 130 Nm di 4000 rpm. Ia terhubung ke transmisi manual 5 percepatan. Oh ya karena ini adalah Jimny ia jadi mobil 4×4 yang oleh Suzuki dikenal dengan nama All Grip. Enggak heran kalau di transmisi juga ada pilihan 2H, 4H dan 4L buat main off-road ringan sampai berat.

Ditunjang fitur main tanah seperti Hill Hold Control dan Hill Descent Control…Siapa sih yang enggak tertarik dengan si Jimny ini. Bahkan Suzuki sudah mendapatkan info jika 500 orang sudah tertarik membeli mobil ini. Mantap!

[MNR]

About pekik udi irianto 926 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present