Lama Tak Terdengar Kiprahnya, FIF Unjuk Gigi dengan Capaian Pembiayaan Rp 33,2 Triliun

AFTERMARKETPLUS.id – Menapaki usia yang ke 30 tahun, sepanjang Periode Januari – Oktober 2019 PT Federal International Finance (FIF) telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp 33,2 triliun, naik 4,8% dibanding tahun sebelumnya Rp 31,7 triliun.

Dari pencapaian itu, yang paling banyak menyumbang adalah penjualan sepeda motor baru dan bekas melalui brand FIFASTRA yang telah membiayai 2.487.507 unit dengan nilai Rp 30,34 triliun.

FIFGROUP memiliki 4 Brand Services meliputi FIFASTRA yang melayani pembiayaan motor dengan merk Honda, SPEKTRA dengan layanan pembiayaan perabot rumah tangga dan elektronik, DANASTRA yang melayani pembiayaan multiguna, dan AMITRA dengan layanan pembiayaan haji dan umroh.

FIFGROUP yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk memiliki jangkauan yang luas yaitu secara nasional, jaringannya mencapai 236 kantor cabang, 409 POS dan lebih dari 1.000 Kios yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Tak hanya pembiayaan kendaraan, SPEKTRA sebagai brand service FIFGROUP yang melayani pembiayaan perabot rumah tangga dan elektronik juga menunjukkan kinerja yang cukup baik. Sebanyak 616.194 unit dibiayai dengan nilai Rp 2,29 triliun.

Kemudian AMITRA sebagai brand service FIFGROUP yang melayani pembiayaan haji dan umroh mencapai 23.086 unit dengan nilai Rp 520,99 miliar.

Melalui kinerja baik atas 4 Brand Services FIFGROUP, laba bersih perusahaan juga tercatat naik 7,9% dari Rp 2,00 triliun menjadi Rp 2,16 triliun pada Oktober 2019.

Pada Periode Januari – Oktober 2019 komposisi sumber pembiayaan perusahaan berasal dari obligasi sebesar Rp 4,26 triliun, sedangkan pinjaman sebesar Rp 8,01 triliun dan Joint Financing sebesar Rp 5,6 triliun.

Dengan capaian ini maka aset FIFGROUP tumbuh 5,77% dari Rp 34,5 triliun pada Periode Januari- Oktober 2018 menjadi Rp 36,5 triliun pada Periode Januari- Oktober 2019.

Presiden Direktur PT Federal International Finance, Margono Tanuwijaya mengatakan bahwa perusahaan dapat tumbuh positif dikarenakan perusahaan senantiasa berusaha memberikan yang terbaik kepada pelanggan serta mengedepankan berbagai improvement di setiap prosesnya.

“Ini berkat seluruh kinerja baik Insan FIFGROUP dan komitmen yang terus kami lakukan untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen kami,” tutur Margono.

[Firdaus Ali]