Lebih Baik Dari Generasi Sebelumnya, Suzuki Ertiga Makin Sempurna!

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah diluncurkan pada 19 April 2018 lalu di gelaran pameran akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Suzuki Ertiga menarik perhatian banyak pengunjung.

Wajar saja karena Ertiga merupakan salah satu Low MPV terbaik di kelasnya. Suspensi nyaman, tarikan enak, kabin lapang hingga baris ketiga, dan lain-lain.

Nah kali ini kami akan membahas pembaharuan dari mobil 7 seater ini.

Generasi terbaru Ertiga menghadirkan spesifikasi tampilan elegan dengan dimensi lebih besar dan panjang. Panjang Ertiga terbaru bertambah 130 mm, sedangkan bodinya juga melebar 40 mm.

Dengan ubahan ini, penumpang kursi baris ketiga akan memiliki ruang kaki lapang.

Interior yang baru diklaim memberikan desain dan tekstur berkelas untuk tingkat kenyamanan, kualitas dan kemewahan lebih tinggi dibandingkan MPV sehari-hari.

Dengan platform HEARTEC generasi terbaru dan bodi lebih panjang 130 mm, interior yang penuh gaya dan cerdas menawarkan ruang kaki, ruang kepala dan ruang bagasi lebih luas.

All New Ertiga dibekali mesin baru dengan kapasitas lebih besar, yaitu 1.500 cc. Sehingga menawarkan tenaga dan torsi lebih besar bersama dengan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Mobil baru ini disempurnakan dengan mesin baru berkode K158, memberikan lebih banyak tenaga menjadi 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi sebanyak 138Nm di 4.400 rpm.

Head of 4W Service PT.Suzuki Indomobil Sales (SIS), Totok Yulianto menjelaskan berkat modal mesin baru ini, performa mobil lebih bertenaga saat berjalan di berbagai medan dan lebih irit bahan bakar minyak (BBM).

Dari sisi emisi, mobil ini memiliki Multi Point Injection yang telah memenuhi standarisasi Euro 4.

“Sesuai hasil uji coba BT2MP, hasil konsumsi BBM mobil ini sebesar Rp16,73 km per liter untuk transmisi matik dan 18,09 km per liter untuk transmisi manual,” lanjut Totok.

Model ini tersedia dalam empat tipe yaitu GA (manual), GL (manual dan matik), GX (manual dan matik), GX ESP (manual dan matik).

Untuk pilihan warna, tersedia 7 pilihan yaitu magma grey metallic (baru), glorious brown pearl metallic (baru), snow white pearl (ZQZ), silky silver metallic (Z2S), radiant red pearl (ZKB), burgundy red pearl (ZLL), cool black pearl metallic (ZBD).

Hingga saat ini, Suzuki belum merilis harganya.

“Harganya akan kami umumkan pada awal Mei mendatang. Pihak konsumen sudah bisa melakukan pemesanan dengan biaya pemesanan sebesar Rp 5 juta,” ungkap Harold Donnel,  Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS.

“Kalau sudah memesan saat ini di IIMS 2018, mobil akan diantarkan ke konsumen kurang lebih 1 bulan setelah pemesanan,” tutup Harold.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 270 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website