Mercedes Benz Semakin Berkibar di Indonesia

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Mercedes-Benz Indonesia berhasil mempertahankan posisi sebagai merek mobil premium terkemuka dari sisi penjualan unit di Tanah Air. Di tahun 2018, Mercedes-Benz berhasil meningkatkan angka penjualan mobilnya di Indonesia menjadi 3.859 unit, yang merupakan rekor penjualan terbaik dalam satu tahun.

Pertumbuhan dua digit sebesar 12% yang melampaui penjualan otomotif rata-rata industri kembali menjadikan Mercedes-Benz sebagai merek premium terlaris di industri otomotif.

Performa cemerlang PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) di 2018 terutama didorong oleh kesuksesan pemasaran Mercedes-Benz C-Class dengan pangsa pasar 25% dari total penjualan dan E-Class 22%.

Secara keseluruhan, SUV dan S-Class mampu menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan pada tahun 2018.

Roelof Lamberts, Presiden dan CEO, PT MBDI mengatakan,”Pada tahun 2018, Mercedes-Benz kembali berada di puncak segmen premium di industri otomotif, tidak hanya di dunia tetapi juga di Indonesia. Di tengah iklim persaingan usaha yang sangat kompetitif, kami juga mampu mempertahankan posisi puncak dari Januari hingga Desember, terutama berkat keberhasilan C-Class, E-Class dan SUV yang telah memuaskan pelanggan setia dan baru. Kami akan terus meremajakan portofolio produk kami pada tahun 2019. Kami melihat keberhasilan besar dalam bisnis inti kami sebagai pembuka jalan untuk membentuk mobilitas individu masa depan dengan memberikan Pengalaman Terbaik kepada Pelanggan atau Best-Customer-Experience.”

Dengan pangsa pasar 77%, kendaraan Mercedes-Benz yang dirakit secara lokal berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan penjualan pada tahun 2018. Pabrik PT Mercedes-Benz Indonesia di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, merakit 25% lebih banyak kendaraan dibandingkan tahun sebelumnya.

Saat ini, sedan C-Class, E-Class dan S-Class terbaru serta GLC, GLE dan GLS SUV dirakit di pabrik Mercedes-Benz Indonesia dengan luas 42 ha.

“Dengan lebih dari 3.800 kendaraan yang berhasil dijual oleh Mercedes-Benz pada tahun 2018, kami telah melampaui rekor penjualan kami sendiri. Sebagai catatan, walaupun tahun lalu merupakan tahun yang cukup menantang, kami berhasil mempertahankan posisi kami di puncak segmen premium. Antusiasme yang tinggi terhadap beragam model kendaraan kami dan loyalitas para pelanggan kami mendorong kami untuk terus memberikan yang terbaik di tahun 2019,” ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations and Product Management, PT MBDI.

“Dalam beberapa bulan terakhir, pertumbuhan tinggi E-Class dan SUV telah memberikan kontribusi besar bagi keberhasilan penjualan kami. Dengan A-Class terbaru yang memperkenalkan inovasi kaliber tinggi seperti MBUX atau Mercedes-Benz User Experience, kami akan terus menawarkan pengalaman baru di pasar. Di 2019, lebih dari 10 model Mercedes-Benz terbaru akan menginspirasi para pelanggan kami – tidak hanya di segmen mobil kompak, tetapi juga di segmen lainnya,” lanjut Kariyanto.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 302 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website