Mesin Apa Yang Digunakan All-New Altis?

Gilang Budiman | 16 Sep 2019

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id - Diluncurkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) dengan tiga varian, yaitu G CVT, V CVT dan Hybrid, bagaimanakah dengan spesifikasi mesinnya?

Kini Toyota tidak lagi menggunakan mesin 2.000 cc untuk semua varian Corolla Altis. Semua varian sekarang memakai mesin 1.800 cc, dan tersedia satu varian yang sudah dijejali teknologi hybrid.

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi mengatakan disela-sela launching All New Corolla Altis,"Toyota melenyapkan mesin 2.000 cc karena menganggap mesin 1.800 cc plus hybrid dianggap sudah cukup untuk memenuhi konsumen yang ingin mendapat akselerasi.
Dahulu jika ada konsumen yang ingin Corolla Altis bertenaga, mereka bisa membeli varian 2.000 cc."

Pada generasi ke-12 Corolla Altis, Toyota masih menggunakan mesin 1.800 cc lama pada model konvensional (V dan G) yang memiliki kode 2ZR-FE. Mesin itu mampu memuntahkan daya 140 hp dengan torsi 171 Nm. 

Sementara mesin bensin 1.800 cc hybrid berkode 2ZR-FXE sanggup menyemburkan tenaga 93,6 hp dan torsi 141 Nm. Karena sudah berteknologi hybrid, ada tambahan tenaga dari motor listrik P610 HEV transaxle yang menghasilkan 70,9 hp.

Lantas bagaimana dengan akselerasinya? Menurut data klaim Toyota, akselerasi Corolla Altis hybrid untuk 0-100 km per jam bisa dicapai 12,6 detik, sementara model konvensional untuk jarak yang sama 13,7 detik.

Corolla Altis hybrid juga diklaim lebih irit bahan bakar kurang lebih 70 persen dan emisi gas buangnya lebih rendah 60 persen.

"Kenapa tidak ada lagi 2.000 cc, karena 1.800 cc ditambah motor listrik hybrid power bisa melebihi engine 2.000 cc. Makanya bisa memenuhi akselerasi yang lebih bagus dari bensin biasa," lanjut Anton.

Anton menambahkan sistem hybrid pada Corolla Altis sama dengan sistem yang tersemat pada C-HR dan Camry. Hanya saja komponen serta tenaga disesuaikan dengan bobot kendaraan.

[Gilang Budiman]

#toyota #All-New Toyota Corolla #Corolla #Mesin Corolla

...
Author : Gilang Budiman > 1804 Articles

Gilang Budiman merupakan lulusan jurusan Ekonomi S1 Universitas Indonesia dan jurusan Business S2 Universitas Binus International yang memulai karir dibidang otomotif sejak;

  • 2002 : Komunitas Honda Civic Indonesia
  • 2009 : Komunitas BMW CAR CLUB OF INDONESIA
  • 2011: Wartawan Auto Bild Indonesia
  • ⁠2014 : Komunitas Mercedes Benz Club Indonesia (NECI)
  • 2015: Senior Reporter Otodriver
  • 2016: Senior Editor Aftermarketplus

Comment (0)

List Comment

No Comment