Mitsubishi Merilis Eclipse Cross Dengan Gas Sodium Untuk Pasar Indonesia

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Tren mesin 1.500 cc Turbo mewabah, Mitsubishi pun merilis Eclipse Cross dengan gas Sodium untuk pasar Indonesia. Eclipse Cross akan bersaing dengan BMW X1, Honda CR-V, DFSK 580, dan Wuling Almaz di Indonesia.

Tapi secara harga, Mitsubishi Eclipse Cross juga berhadapan langsung dengan Toyota CH-R. Compact SUV Mitsubishi ini akan dijual dengan harga di bawah Rp 500 juta. Apa saja yang ditawarkan Mitsubishi Eclipse Cross ini?

DESAIN

Sudah sewajarnya, jika mobil baru tentu harus menawarkan desain menarik. Sepintas, Mitsubishi Eclipse Cross mirip dengan Xpander dari sisi depan. Hal ini wajar, mengingat bahasa desain Dynamic Shield tetap digunakan Mitsubishi di semua lini produksinya.

Panoramic Sunroof ganda pun disematkan untuk memberi kesan lapang di sektor interior. Kedua sunroof ini dapat terbuka dan dioperasikan terpisah untuk penumpang depan dan belakang.

MESIN CANGGIH

Ada harga, ada teknologi canggih di dalamnya. Yaa… Mitsubishi mengadopsi mesin turbo berkapasitas 1.500 cc yang dibekali teknologi direct injection. Artinya, ia sepadan dengan produk asal Jepang dan Eropa yang telah mengadopsi teknologi ini sejak lama.

Dengan kapasitas mesin tersebut, dapur pacu Mitsubishi Eclipse Cross mampu menghasilkan tenaga hingga 152 hp di 5.500 rpm dan torsi sebesar 250 Nm di 2.000 – 3.500 rpm.

Rasio kompresinya hanya 10:1, namun engineer Mitsubishi telah menyematkan katup buang yang berisikan gas Sodium di dalam batang klepnya. Tak heran jika klep ini sering disebut dengan klep hollow, dimana gas Sodium-nya akan mencair saat suhu 97.5°C.

Teknologi katup hollow ini sudah lama diterapkan pada Mitsubishi Lancer Evolution. Tujuannya, untuk membantu proses pelepasan panas mesin agar tidak berlebihan, serta meringankan bobot katup itu sendiri.

Teknologi mesin yang canggih ini, membuat Mitsubishi Eclipse Cross tak memerlukan angka oktan yang tinggi. Tapi dengan standar emisi minimal Euro4, membuat Eclipse Cross memerlukan bensin dengan kandungan Sulfur yang rendah.

Baca: http://aftermarketplus.id/oto-pintar/mesin-turbo-pakai-premium-why-not-mesin-modern-tak-lagi-berkorelasi-dengan-angka-oktan-bensin-yang-tinggi

Untuk menyalurkan tenaga mesin tersebut, Eclipse Cross menggunakan CVT yang menyediakan mode manual hingga 8 percepatan. Jadi sensasi pengemudi tetap fun to drive, namun bisa nyaman serta irit BBM saat diperlukan.

FITUR CANGGIH

ASEAN NCAP dengan bintang 5 menjadi bukti bahwa Mitsubishi Eclipse Cross aman dikendarai. Dengan 7 airbags serta dilengkapi beragam fitur aktif keselamatan seperti Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mampu mendeteksi kendaraan atau pejalan kaki melalui kamera dan radar laser sehingga rem dapat aktif secara otomatis.

Head up display menjadi suguhan menarik pengemudi yang dapat memantau kecepatan dan rpm tanpa perlu terganggu visibilitasnya ke jalan.

Begitu pun dengan Touchpad Controler untuk pengaturan smartphone via sentuhan jari di samping tuas transmisi.

“Setelah nanti diperkenalkan pada GiIAS 2019 dan melakukan launching di beberapa kota besar di Indonesia, konsumen baru akan menerima Mitsubishi Eclipse Cross pada bulan September 2019,” tutup Irwan Kuncoro, Director of Sales Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat di atas panggung dalam acara Exclusive Preview.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 176 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )