MENGUJI KEMAMPUAN CALYA G A/T DENGAN BERBAGAI KONDISI JALAN DI SEMARANG – SOLO

Foto: Istimewa

[cml_media_alt id='4872']img_0185[/cml_media_alt]

SOLO, JAWA TENGAH, AFTERMARKETPLUS – Aftermarketplus mendapat undangan dari Toyota Astra Motor (TAM) untuk menguji secara langsung kemampuan serta kenyamanan mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Calya.

LCGC dari Toyota ini, yang pada saat kemunculannya di GIIAS 2016 lalu mendapat sambutan luar biasa baik dari media maupun masyarakat di Indonesia, tentu tidak kami lewatkan begitu saja.

[cml_media_alt id='4875']img_0685[/cml_media_alt]

Kegiatan berlangsung selama 2 hari (14-15/9) dengan mengambil rute Semarang-Solo yang melibatkan 20 jurnalis dari Jakarta dan daerah ini semakin terasa istimewa, dengan dilaluinya berbagai kondisi jalan seperti jalur Tol, perkotaan, tanjakan, turunan dan tikungan.

Kami berempat dengan teman jurnalis dari media lain, mendapat kesempatan pertama untuk menguji Toyota Calya tipe G dengan transmisi otomatis.

[cml_media_alt id='4879']img_0710[/cml_media_alt]

Kabin yang cukup lega dari Toyota Calya, memudahkan kami untuk masuk kedalam. Posisi duduk yang nyaman, visibilitas yang baik serta semua fitur di dasbord yang masih dalam jangkauan dan hadirnya sandaran tangan pada Calya ini membuat nyaman pengemudi terutama pada saat melakukan perjalanan luar kota.

[cml_media_alt id='4878']img_0705[/cml_media_alt]

Menyusuri kota Semarang yang tidak terlalu padat, transmisi otomatis dengan 4 percepatan pada posisi D, Calya enak dikendarai. Hanya saja, karena posisi tuas transmisi terletak di dasbord, perlu waktu untuk adaptasi. Untuk mobil sekelas LCGC Kabin Calya G A/T juga cukup hening.

[cml_media_alt id='4881']img_0465[/cml_media_alt]

Enaknya lagi, Setir yang nyaman di genggam serta radius putar yang kecil, membuat parkir di lahan yang sempit seperti basement sangat mudah.

Di tol Bawen, semarang, dengan jalur menanjak dan lurus Calya G A/T cukup mumpuni. Pada saat jalan menanjak, tuas persneling tinggal di geser pada gigi 3 atau 2 dengan timing yang tepat serta menjaga putaran mesin lalu injak pedal gas dengan cepat dan dalam (kick down) Calya tak mengalami kesulitan.

[cml_media_alt id='4874']img_0791[/cml_media_alt]

Pada jalan lurus, tuas persneling pindahkan ke posisi D, Calya dapat melaju dengan tenang.
Penasaran dengan jalan yang lengang di tol Bawen, kami sempat menggeber Calya hingga kecepatan 120 km/jam, mobil ini masih mudah dikendalikan dengan baik, hanya ada sedikit gejala melayang.

Selanjutnya di daerah Ungaran menuju kota Salatiga, banyaknya jalan menanjak dan menurun serta tikungan, Calya dengan penggerak roda depan di tambah dengan stabilizer bar pada kecepatan 70-80 km/jam melahap dengan mudah tidak ada gejala limbung.

[cml_media_alt id='4873']img_0014[/cml_media_alt]

Kinerja dari mesin 3 NR-VE 4 silinder 1.200 cc yang telah mengusung teknologi dual VVT-i Toyota Calya ini layak diacungi jempol.

[cml_media_alt id='4876']img_0722[/cml_media_alt]

Hanya saja, kalau kita ingin melakukan perjalanan jauh, mesti pandai mengatur perbekalan yang akan kita bawa, karena bagasi Toyota Calya tidak terlalu luas.

[cml_media_alt id='4880']img_0718[/cml_media_alt]

Namun mobil MPV 7 penumpang sekelas LCGC dengan segala kenyamanan dan fitur canggih yang melimpah seperti, ABS, Dual Airbag, sabuk pengaman tiga titik di tiap bangku, ISOFIX, Immobilizer, buka tutup kaca semua sudah elektrik, sein pada spion tentu ini menjadi nilai lebih buat mobil seharga Rp 150 jutaan. [MNR]

About pekik udi irianto 990 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present