Aplikasi Pintar Karya Anak bangsa Untuk Pengguna Sepeda Motor di Indonesia

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Pemilik motor kini bisa merasakan keuntungan maksimal dari kepemilikan kendaraan roda dua melalui aplikasi OTOMOTO yang resmi diluncurkan pada, Rabu (3/10) di Jakarta.

Aplikasi OTOMOTO lahir sebagai platform digital hasil kreativitas anak bangsa bagi para pemilik motor di seluruh Indonesia. Sistemnya bekerja berdasarkan data analitik, algoritma, dan otomatisasi guna menghadirkan user journey yang maksimal.

Layanan unggulan aplikasi OTOMOTO ialah Price Engine. Hadir sebagai yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, Price Engine memungkinkan pengguna aplikasi mengetahui harga jual motornya dengan akurat tergantung kondisi. Cukup hanya dengan memasukkan tipe kendaraan, tahun produksi, dan jumlah kilometer, dalam hitungan detik maka perkiraan harga dapat dilihat di layar ponsel.

Pengguna juga dapat memeriksa kondisi fisik motornya dengan detail melalui fitur Smart Inspection. Sebuah rangkaian pengecekan kondisi motor melibatkan mekanik profesional bersertifikat dari para mitra bengkel. Dari hasil inspeksi tersebut pengguna memiliki pilihan untuk meningkatkan kondisi motor dengan melakukan perbaikan. Langkah ini pada akhirnya akan menambah nilai jual motornya.

Adapun, laporan Smart Inspection dibagi ke dalam lima kategori (Grade A, B, C, D, E) yang dapat dipakai sebagai acuan harga. Baik saat pengguna hendak menjual motor ke dealer mokas (motor bekas) atau pembeli potensial. Bahkan, ketika akan melakukan pengajuan pinjaman ke perusahaan pembiayaan OTOMOTO.

Aplikasi OTOMOTO berusaha membawa pengguna merasakan potensi maksimal dari memiliki kendaraan roda dua.

“Sudah saatnya pemilik sepeda motor melihat potensi kepemilikan sepeda motornya bukan hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai aset yang berharga,” ungkap Dennis Wu, Head of Technology OTOMOTO.

OTOMOTO juga melihat sebagian besar konsumen motor di Indonesia menggunakan jasa perusahaan pembiayaan. Oleh karena itu, ketersediaan layanan pembiayaan menjadi faktor keputusan penting saat membeli motor baru ataupun bekas.

Pengguna aplikasi bisa menikmati fasilitas ini melalui fitur Loan. Layanan ini menghubungkan pengguna aplikasi ke berbagai perusahaan pembiayaan terpercaya berskala nasional. Bahkan, pengguna juga bisa mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan di luar pembelian motor.

“Dengan profil customer sepeda motor pada umumnya, biasanya ada kebutuhan terhadap dana yang tidak terantisipasi, misalnya biaya untuk kesehatan, pendidikan, atau hari raya. Dari situ kami berikan beberapa alternatif pendanaan yang kita sediakan bersama mitra perusahaan pembiayaan. Selain untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendadak tadi, bisa juga untuk pembiayaan motor bilamana pengguna hendak tukar tambah motornya. Karena kecenderungannya, pengguna motor akan melakukan upgrade setiap tiga tahun sekali, dan 70 persen pembelian motor dilakukan dengan cara kredit,” imbuh Marwoto Soebiakno, Founder dan Board of Advisor OTOMOTO.

OTOMOTO menyediakan informasi dan pilihan supaya pemilik sepeda motor dapat membuat keputusan yang terbaik sesuai dengan kebutuhannya. Tujuannya sederhana, yaitu dapat selalu memberikan layanan terbaik, dalam memenuhi beragam kebutuhan bagi pemilik sepeda motor di Indonesia.

Selebihnya, OTOMOTO juga menawarkan kemudahan bagi pemilik motor dalam melakukan perawatan rutin melalui fitur Booking Service. Layanan ini memungkinkan pengguna mengetahui lokasi bengkel berkualitas terdekat. Untuk selanjutnya melakukan pemesanan jadwal kunjungan sesuai lokasi, hari hingga jam yang diinginkan.

Untuk mewujudkan layanan ini OTOMOTO menjalin kerja sama luas dengan mitra bengkel yang tersebar di banyak daerah. Meliputi Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, hingga Bali.

Kerja sama OTOMOTO dengan mitra bengkel memungkinkan pula pengguna aplikasi menikmati berbagai program promosi serta diskon yang diadakan bengkel.

Sedangkan, salah satu keuntungan bagi pihak bengkel atas kerja sama ini ialah masukan data analitik yang bisa menunjang perkembangan bisnisnya.

“Ada data analitik yang bisa kita beri kepada mitra bengkel sebagai masukan, dari situ kita bisa diskusi program apa yang bisa kita kerjakan bersama untuk menambah kapasitas bengkelnya. Kemudian, aplikasi ini juga bisa membantu efisiensi dari sisi bengkel dan customer-nya. Bengkel yang menjadi mitra kami dapat mengatur ketersediaan waktu yang bisa dipesan (atau di ‘booking’) pada saat-saat yang lenggang. Dan karena customer mendapat awareness, customer dapat menyesuaikan waktu servis motornya sehingga bisa mengisi saat-saat yang lengang di bengkel tersebut,” pungkas Marwoto.

Bagi pengguna, semakin sering memanfaatkan layanan OTOMOTO, maka semakin banyak pula poin rewards yang dikumpulkannya. Poin-poin ini nantinya dapat ditukarkan dengan voucher kebutuhan sehari-hari.

OTOMOTO mengerti jika merawat atau memperbaiki sepeda motor perlu mengeluarkan biaya, karenanya OTOMOTO bekerjasama dengan para bengkel untuk memberikan diskon dan promo.

Saat ini aplikasi OTOMOTO bisa diunduh gratis di ponsel pintar Android dan dan segera menyusul untuk iOS.

[MNR]

About pekik udi irianto 980 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present