Ini Dia Motor Seharga Lebih dari Rp1 Milyar yang Dirilis AHM

AFTERMARKETPLUS.id – Akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) menjual produk yang harganya sekitar empat kali harga Mitsubishi Xpander varian tertinggi, yakni tipe Ultimate A/T.

Produk apakah yang dipasarkan AHM tersebut yang peluncurannya secara resmi dilakukan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis 19 April 2018?

IMG_20180420_190815Ternyata AHM memperkenalkan Honda Gold Wing model terbaru, pengusung konsep ‘The Honda Premium Tourer’. Merupakan salah satu varian tertinggi dari motor global Honda.

Melengkapi keluarga big bike Honda di Indonesia, Gold Wing yang peluncurannya turut disambangi Jokowi, hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen motor premium. Yang dahaga akan motor touring, dengan performa dan kenyamanan tinggi. Didukung layanan premium, yang tersedia di seluruh jaringan Honda Big Wing.

Toshiyuki Inuma, President Director AHM mengatakan, sebagai motor turing premium Honda, Gold Wing tetap mempertahankan reputasi motor mewah, nyaman dan berkualitas tinggi selama 43 tahun sejak diperkenalkan.

“Kami hadirkan Honda Gold Wing dengan kesempurnaan menyeluruh, untuk para pecinta big bike di Indonesia. Kami menyadari, ada banyak pecinta big bike yang menyukai touring, dan menginginkan motor mewah berfitur canggih dan kenyamanan terbaik,” urainya.

Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM mengatakan, kehadiran Honda Gold Wing merupakan bagian dari komitmen AHM menemani masyarakat beraktivitas. Termasuk para pecinta touring, yang ingin menjelajah negeri dengan big bike premium Honda.

“Gold Wing akan memberi pengalaman berkendara tertinggi. Kami sudah siapkan layanan terbaik di 11 jaringan Big Wing, dengan tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda ini,” jelasnya.

Kembali ke harga, tentu sangat penasaran sebenarnya berapa harga pasti si ‘Sayap Emas’ ini? Mau tahu? Jangan kaget ya, harga pastinya Rp 1.010.000.000! Wow, amazing! Kalau harga setinggi ini, apa saja kiranya yang menjadi keunggulannya?

Padahal tetap saja roda dua kan? Pertama, dilengkapi Honda Smart Key System, penunjang kenyamanan dan keamanan pengendara.

Lalu yang kedua, keseluruhan pencahayaan sudah menggunakan LED. Rangkaian lampu depan berbentuk ‘wing lines’ baru, dan lampu sein yang juga memiliki fitur auto-cancel kiranya memudahkan pengendara.

Apalagi keunggulannya? Sistem bagasi user-friendly mendukung kenyamanan saat berkendara, dan berkontribusi pada dimensi motor yang lebih kompak, penampilan lebih sporty serta bobot lebih ringan.

Setiap sisi bagasi berkapasitas 30 liter, dan bagasi atas berkapasitas 50 liter, dapat menampung 2 helm full-face. Sistem Honda Smart Key dibutuhkan untuk membuka kunci bagasi, sehingga lebih mudah.

Serta dilengkapi sistem hidrolis yang memungkinkan proses membuka dan menutup bagasi menjadi lebih smooth.

Jok Gold Wing terpisah antara pengendara dan pembonceng, sehingga pengendara dapat menikmati mengendarai motor semetara pembonceng dapat menikmati sensasi berkendara menyenangkan.

Jok motor didesain nyaman dan suportif saat pengendara melakukan manuver. Model ini juga dilengkapi sistem monitoring tekanan angin pada ban untuk kenyamanan turing yang lebih sempurna.

Memiliki fitur canggih dan bergengsi seperti sistem throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel untuk kenyamanan optimal pengendara.

Demi memilih mode riding sesuai kondisi perjalanan, dapat dilakukan lewat tombol pilihan di layar display 7 inch berwarna.

Kecerahan layar display dapat berubah otomatis, sesuai kondisi cahaya atau pengendara dapat menyesuaikan dengan 8 tingkat kecerahan.

Seluruh box menggunakan tutup peredam berkualitas tinggi. Terdapat rak penyimpanan tengah, dilengkapi DC Socket untuk power charger dan penghubung fitur Apple CarPlay™.

Honda Gold Wing merupakan motor pertama yang dilengkapi Apple CarPlay™. Menghubungkan motor dengan ponsel iPhone penggunanya untuk menunjukkan peta, kontak, dan musik.

Keseluruhan fitur ini dapat diakses melalui layar display dan tersedia juga konektivitas Bluetooth.

Sistem audio amplifier pada model ini juga sudah disempurnakan. Speaker berbobot ringan yang hasilkan suara jernih telah disematkan sedemikian rupa, agar sesuai posisi duduk pengendara.

Saat ini gyrocompass juga telah disematkan pada Honda Gold Wing. Sehingga pengendara tetap dapat menggunakan pemandu jalan bahkan saat di dalam terowongan.

Honda Gold Wing hadir dengan mesin 1800cc berpendingin cairan 6 silinder. Dipasang secara horizontal berlawanan, menjadi ciri khas elemen utama.

Meskipun layout umum yang sama, banyak hal telah disempurnakan untuk membuat mesin lebih kompak, irit dan ringan.

Maksimum power 92.9 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4500 rpm. Model ini memiliki transmisi canggih, 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) generasi baru, dilengkapi forward/reverse Walking Mode.

Silinder bore-nya lebih kecil, crankshaft yang diperbarui, serta penggunaan Unicam® valve train layout.

Efisiensi pembakaran juga menjadi lebih baik dengan penggunaan 4 katup di setiap silinder mesin. Sementara gesekan pada pinggiran piston menjadi lebih kecil, dengan pengaplikasian lapisan molybdenum.

Perubahan juga dilakukan pada sistem intake untuk torsi, dan respons motor yang lebih baik, serta update pada sistem pembuangan yang menitikberatkan personalitas motor yang lebih hidup melalui suara knalpot yang lebih dalam.

Casis yang digunakannya telah melalui rangkaian tahap penyesuaian untuk meningkatkan manuverabilitas di kecepatan rendah dan tetap menjaga stabilitas di kecepatan tinggi.

Gold Wing menggunakan frame twin-spar alumunium, diwelding menggunakan robot dengan plates ketebalan baru. Dipasangkan dengan struktur pivot-area baru. Frame dan swingarm baru ini berhasil mereduksi bobot motor.

Suspensi yang digunakan meliputi suspensi depan double-wishbone baru, peredam shock depan dan belakang Showa. Gold Wing menggunakan konfigurasi suspensi belakang Pro-Link®, dengan reaksi progresif.

Redaman suspensi serta preload diatur secara elektronik. Sistem pengereman ditingkatkan, melalui pemasangan kaliper depan serta rotor lebih besar, 320mm.

Menggunakan sistem pengereman C-ABS secara elektronik, berfungsi mendistribusikan gaya pengereman ke roda depan dan belakang.

Meski dipasarkan dengan harga selangit dan tak dilengkapi air bag. Gosip-gosipnya Gold Wing yang hadir dengan 2 (dua) warna pilihan; Candy Ardent Red dan Pearl Glare White ini sudah dipesan sejumlah orang lho! Salah satunya konon malah RI 1 sendiri, yang sepertinya kepincut Gold Wing. Masa iya sih?

[OBK]

About pekik udi irianto 944 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present