AFTERMARKETPLUS.id – Dua tahun belakangan kondisi perekonomian Indonesia sempat terganggu. Hampir semua lini mengalaminya, tanpa terkecuali industri otomotif.
Namun bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tahun 2017 merupakan tahun kebangkitan bagi Suzuki. Bicara roda dua, di saat pasar sepeda motor secara nasional turun 0,8%, Suzuki berhasil mencetak pertumbuhan penjualan tertinggi sebesar 27%.
Suzuki 2-Wheel (2W) mencatat, sepanjang tahun lalu, capaian penjualan wholesales (pabrik ke dealer) tercatat 72.191 unit. Dengan pangsa pasar 1,2% dibanding tahun sebelumnya sebanyak 56.284 unit.
Ini terjadi lantaran Suzuki 2W menggelontorkan model terbaru, seperti GSX-R150 dan GSX-S150. Keduanya menjadi penyumbang terbesar penjualan motor Suzuki tahun lalu.
Walaupun selain GSX Series, ada pula model Suzuki New Smash FI dan Suzuki Nex. Sehingga total line up Suzuki Motor menjadi enam tipe.
Namun dua model tersebut kiranya tak cukup signifikan mendongkrak penjualan Suzuki, dibanding GSX Series.
“Sebenarnya banyak prestasi yang telah kami capai, seperti peluncuran sports bike GSX-R150. Model ini mampu menarik minat anak muda di perkotaan,” ucap Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head SIS.
Lanjut Yohan, gacoan baru Suzuki 2W tersebut mampu berkontribusi terhadap penjualan di wilayah Jabodetabek yang melompat dari 29,2% menjadi 36,6%. Kehadiran GSX-R150 menjadi primadona di tengah pasar motor sport.
Penjualan GSX-R150 memberikan kontribusi tertinggi terhadap penjualan Suzuki 40% atau sebanyak 28.982 unit.
Melongok segmen backbone Suzuki, mengalami lonjakan lumayan signifikan. Yakni dari 1.651 unit menjadi 39.725 unit.
Segmen ini berkontribusi terbanyak terhadap penjualan Suzuki, yakni sebesar 55%. Sementara itu, segmen underbone berkontribusi terhadap penjualan Suzuki sebesar 25%, dan segmen skuter matik sebesar 20%.
Bagaimana dengan Suzuki Satria sebagai merek lawas yang sudah hadir sejak 2004? Penjualannya ternyata berkontribusi sebesar 21% terhadap penjualan Suzuki sebesar 15.186 unit.
Suzuki Adress mampu meraih penjualan sebesar 9.547 unit sepanjang tahun 2017. Dengan kontribusi terhadap penjualan Suzuki sebesar 13%.
Selain produk, sejumlah aktivitas Suzuki juga sanggup menopang kebangkitan Suzuki 2W di tahun lalu. Sebut saja Suzuki Bike Meet di 8(delapan) kota serta pemecahan rekor dunia MURI freestyle GSX Series dengan peserta terbanyak.
[OBK]