Test Ride All New Honda Vario 150 : Harga Selaras Kualitas

AFTERMARKETPLUS.id – Jujur, yang pertama kali saya lihat dari skuter matik (skutik) All New Honda Vario 150 adalah penampilan fisiknya.

Desainnya sporty tapi tidak terlalu sporty juga seperti salah satu produk skutik merek tetangga, yang jok boncengernya lebih tinggi dari jok pengemudi.

Artinya All New Honda Vario 150 tak terlalu bikin repot kalau mau boncengin istri dan anak-anak, atau pasangan tercinta.

Selain itu, kelihatan Vario 150cc anyar ini kokoh banget. Banyak bagian tubuhnya yang terdiri dari besi. Bayangkan saja, dudukan spakbor belakang saja terbuat dari besi. Jadi spakbor tak perlahan-lahan menyerong dari kodratnya.

Soalnya ada beberapa kasus motor sport yang lagi naik daun, juga milik pabrikan tetangga, spakbornya lama-lama miring dan tidak sentris lagi.

“Iya spakbor belakang motor sport saya ini lama-lama miring, tidak sentris lagi. Padahal waktu diturunin dari mobil pick up masih lurus, seminggu kemudian sudah serong. Tak banyak sih, sekitar3 cm lah, mungkin karena kena panas mesin ya,” ujar seorang wartawan pemilik motor sport tersebut mengomentari tungganganya.

kembali ke All New Honda Vario 150 seharga Rp22,5 juta tadi, ketika PT Astra Honda Motor (AHM) memberi kesempatan menjajalnya di area parkir barat JIExpo, Senin (16/4).

Sayapun langsung mendaftar untuk ikut mencoba. Seperti biasa, staf safety riding AHM menyampaikan tata cara test ride. Sambil memberitahu bagaimana menyalakan skutik keyless ini.

“Tekan tombol bagian bawah pada remote, sampai terlihat lampu hijau kecil di remote menyala. Setelah lampu hijau menyala, tekan starter sampai terdengar bunyi dua kali, setelah itu putar tombol kunci ke panah ON, terlihat panel speedomter semua menyala, kembali starter. Tapi ingat, standar sampingnya harus dalam kondisi naik ya, karena kalau masih turun tak bisa di starter. Karena ada teknologi Side Stand Switch,” ujar staf AHM tersebut.

Saat saya mulai starter, ajib, halus banget suaranya. Sampai-sampai saya pikir motor tersebut belum nyala. Karena ditopang teknologi ACG Starter terkoneksi dengan teknologi eSP.

Membuat suara mesin skutik dengan warna-warna Eksklusif Matte Red, Eksklusif Matte Black, Exclusive Matte Silver dan Exclusive White itu begitu lembut. Walaupun tak selembut kasih Ibu kepada beta.

Mulai jalan, tarikan awal lumayan responsif, untuk diajak rebah kanan dan kiri mengikuti cone yang berjajar dan membentuk huruf S tetap stabil.

Apalagi di topang ban besar ukuran 90/80 ban depan, dan 100/80 ban belakang. Jadi terasa enak menapaknya di aspal yang berkontur tak teratur.

Tarik gas, saya jajal lini pengereman, wuzzz, tak ada masalah tuh. Soalnya All New Honda Vario 150 ini juga mengusung teknologi Wavy Disc Brake 190mm plus Combi Brake System (CBS) di area pengeremannya.

Tiga kali putaran, cukuplah buat sekadar test ride standar after launching. Kecuali AHM mau memberi pinjaman lagi selama seminggu, nah itu lebih enak lagi mengeksplore beragam keunggulan yang dimiliki New Vario 150 ini.

Tapi paling saya dapat antrian pinjaman yang panjang ke belakang. Meski tak sepanjang antrian pelamar kerja, di warung makan cepat saji kepunyaan negara si Donald Trump itu.

Intinya motor ini layak dipasarkan, dan diterima konsumen Satu Hati dengan Sepenuh Hati.

Kalau bicara harga, ya lain cerita. Namanya juga ditambahi beragam fitur unggulan, salah satunya keyless itu. Harga berbanding selaras dengan kualitas, itu kata orang bagian pemasaran lho!.

Tapi kalau saya pribadi boleh kasih catatan, jok-nya bisa dibuat lebih panjang lagi gak? Untuk boncengin dua anak, yang satu kelas 3 SD dan satu lagi usia 3 tahun, plus satu istri (ingat, satu istri!). Paling kata penjualnya, itu mah DL (Derita Lu) deeeh! Salam safety berkendara!.

[OBK]

About pekik udi irianto 782 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present