Yamaha Jalin Kerjasama Bareng Grab

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Yamaha Motor Co., Ltd. (“Yamaha Motor”) dan Grab Holdings Inc. (“Grab”) hari ini (11/12) mengumumkan bahwa mereka telah sepakat untuk membentuk kerjasama strategis dalam bisnis layanan pemesanan angkutan sepeda motor (ojek online) di kawasan Asia Tenggara dengan fokus utama di Indonesia.

Sebagai bagian dari perjanjian kerjasama, Yamaha Motor akan menginvestasikan 150 juta dolar AS kepada Grab.

Melalui kerjasama ini, Yamaha Motor dan Grab berkomitmen untuk menyediakan layanan mobilitas generasi lanjut dengan menerapkan solusi serta inovasi dan teknologi Yamaha Motor serta mempermudah proses pembelian sepeda motor bagi mereka yang bergabung dalam jasa pelayanan ojek online.

Sebagai bagian dari Visi Jangka Panjang 2030 dan di bawah slogan “ART for Human Possibilities,” kerjasama ini memanfaatkan teknologi robotika (Advancing Robotics) untuk menyelesaikan beragam isu sosial melalui inisiatif dengan gaya unik Yamaha (Menawarkan Solusi), dan mempromosikan inovasi dalam bentuk mobilitas (Transformasi Mobilitas).

Dengan demikian, kondisi ini akan memperluas kesempatan yang dimiliki oleh semua orang serta menciptakan kehidupan yang lebih baik dan memuaskan. Yamaha Motor turut memiliki tujuan untuk meningkatkan basis pelanggan Grab di Asia Tenggara serta mempelajari lebih jauh terkait pengetahuan tentang bisnis angkutan sepeda motor guna pengembangan produk di masa mendatang.

Grab adalah salah satu platform mobile O2O yang paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan beragam layanan penting yang dapat mendukung kebutuhan sehari-hari bagi konsumen.

Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh ke lebih dari 125 juta perangkat seluler, memberi pengguna akses ke lebih dari 8 juta pengemudi, pedagang, serta agen. Grab memiliki armada transportasi darat terbesar di kawasan tersebut dan telah menyelesaikan lebih dari 2,5 miliar pesanan jasa mobilisasi menggunakan sepeda motor sejak didirikan pada 2012.

Grab menawarkan jangkauan terluas layanan transportasi on-demand di kawasan Asia Tenggara, di samping layanan pengiriman makanan dan paket di 235 kota yang ada di 8 negara.

“Kami mengantisipasi kemajuan signifikan melalui kerjasama strategis dengan Grab Holdings. Selain meningkatkan keamanan serta kepercayaan pengguna dan pengemudi melalui penggabungan teknologi Yamaha Motor dalam sistem transportasi baru yang melibatkan partisipasi pengguna, kami juga mengantisipasi peningkatan lebih lanjut atas nilai sepeda motor dalam sistem mobilitas masa depan, dan mencoba untuk menciptakan solusi mobilitas baru,” ungkap Takuya Kinoshita Executive Officer , Chief General Manager of Motorcycle Business Operations, Yamaha Motor Co., Ltd.

[EYD]