MUDIK ISTIMEWA BERSAMA HYUNDAI i20

Foto: Aftermarketplus

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Selain bersilahturahmi bersama keluarga di kampung halaman dan menikmati kuliner di beberapa kota yang kami kunjungi, mudik lebaran tahun ini sangat istimewa berkat Hyundai i20 GL bertransmisi manual yang menemani kami di ajang Holiday Driving Experience (HDE) ke Solo, Sragen, Jogjakarta dan Cirebon (25-30/6).

Selain tampilannya yang menawan juga keikutsertaan di ajang reli dunia (WRC) membuat kami sekeluarga penasaran ingin merasakan secara langsung kemampuan dari Compact Hatchback Rp 249 jutaan ini.

lead HDE 2Tadinya kami sempat ragu, muat nggak ya dengan kami berlima duduk di kabin Hyundai i20. Ternyata Compact Hatchback dengan dimensi panjang 3.985 mm, lebar 1.734 mm dan tinggi 1.485 mm ini masih bisa mengakomodir kami berlima dengan baik. Bagasinya yang dalam kebawah cukup luas untuk mengangkut barang-barang bawaan kami.

Pada saat keberangkatan menuju Solo, dibeberapa titik menjelang rest area di tol Cikampek kami sempat terjebak kemacetan, beruntung walaupun i20 yang kami kendarai bertransmisi manual namun pedal kopling yang enteng membuat mengendarai i20 tetap nyaman.

Perjalanan semakin menyenangkan dengan hadirnya layar monitor sentuh berukuran 8 inci yang bisa untuk memutar CD, MP3/WMA serta sistem multimedia yang memiliki konektivitas seperti USB, Aux dan iPod.

lead HDE 3Bagi penumpang belakang, jok yang menopang dengan baik serta ruang kaki yang memadai membuat duduk di i20 tetap nyaman. Apalagi di i20 tersedia blower tambahan agar AC merata hingga baris kedua.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik di Hyundai i20 yaitu kamera 180 derajat yang sangat membantu pengemudi pada saat parkir dan memantau keadaan sekitar. Fitur ini dapat diaktifkan dengan hanya menekan tombol yang terletak di dekat tuas transmisi.

Ketangguhan dari i20 ini benar-benar kami rasakan ketika melewati tol darurat Gringsing – Brebes, jalan berkerikil, bergelombang, tanjakan dan turunan mampu di libas dengan mudah.

lead HDE 1Dibekali mesin 1.368 cc 4 silinder dengan tenaga hingga 100 dk dan torsi 136 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm menunjukkan tajinya.

Bantingan suspensi dari Hyundai i20 dengan suspensi depan McPherson Strut dengan stabilizer dan yang belakang dilengkapi Coupled Torsion Beam Axle yang tidak empuk dan tidak membal membuat stabil serta pengendaliannya menjadi tidak limbung dan memberikan kestabilan yang baik.

Pada saat kami memasuki kepadatan lalu lintas di kota Cirebon, kami tidak menemui kesulitan berarti karena Hyundai i20 GL Manual ini terbilang cekatan di putaran bawah.

Sayangnya, lampu depan masih halogen belum HID. Namun dengan fitur, kenyamanan, ketangguhan dan model menawan, Hyundai i20 bisa menjadi pilhan tepat buat pecinta mobil Compact Hatchback.
[MNR]

About pekik udi irianto 2284 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present