AFTERMARKETPLUS.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya hadirkan New Yaris di Jakarta, Selasa (20/2).
Ternyata ia masih mengusung mesin 2NR-FE yang serupa dengan pendahulunya. Dapur pacu berkapasitas 1.500 cc DOHC Dual VVT-i itu sanggup hasilkan tenaga 107 dk dan torsi 140 Nm.
Lantas, kenapa New Yaris masih pakai mesin lama?
Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM pun angkat bicara. Menurutnya mesin ini masih jadi pilihan karena sesuai dengan pasar yang diincar.
“Kami lihat mesin lama ini masih sesuai dengan segmen yang kami sasar, itu saja intinya,” ungkapnya kepada wartawan di Grand Ballroom Kempinski, lokasi peluncuran New Yaris.
Henry pun mengatakan soal pemilihan mesin ini masih seuai dengan studi yang dilakukan pihaknya. “Jadi kalau ada yang tanya, Toyota kenapa sih ngeluarinnya gini? Berdasarkan studi kami itu adalah yang masih sesuai dengan segmen yang ingin kita sasar,” jelas Henry.
Meski begitu, mesin 2NR-FE tersebut sejatinya menghasilkan tenaga yang cukup untuk bersaing di segmen hatchback. Seperti diketahui, New Yaris di Thailand malah mengusung unit 3NR-FE yang berkapasitas 1.200 cc.
Tenaganya sebesar 86 dk dan torsi 108 Nm, yang artinya jauh lebih kecil dibanding New Yaris di Indonesia. Jadi pilihan mesin tersebut masih cocok untuk bersaing dengan para kompetitornya di sini.
[MNR]