PANDUAN MENGENAL KLASIFIKASI MOBIL KELUARGA BUAT PEMULA

Foto: Aftermarketplus

BAGAN

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Keputusan membeli mobil baru untuk keluarga pemula bisa jadi urusan gampang-gampang susah.

Melalui berbagai olahan data, berikut panduan mengenal klasifikasi mobil keluarga buat pembeli pemula yang diharapkan dapat membantu. Rentang harga klasifikasi mobil berikut antara Rp 100 juta hingga Rp 300 juta.

KLASIFIKASI KELAS

Saat ini di pasar mobil di tanah air ada beberapa klasifikasi segmen buat pembeli pemula, mulai segmen LCGC (Low Cost Green Car) yang kerap diasosiasikan sebagai mobil murah, lalu ada segmen city car, ada segmen small hatchback, ada low MPV, ada low MPV boxy design, serta ada kelas light SUV dan light crossover SUV.

Segmen LCGC pilihan di antaranya Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Datsun Go dan Datsun Go+. Mobil-mobil LCGC memiliki dimensi bodi seperti city car dengan kapasitas mesin lebih kecil 1.000cc hingga 1.200cc, namun khusus dikembangkan dan dipasarkan khusus hanya untuk pasar Indonesia dan mendapat insentif kebijakan khusus dari pemerintah.

Di segmen LCGC, kisaran harganya mulai Rp 100 juta – Rp 130 juta. Kapasitas penumpangnya untuk lima penumpang, dan ada pilihan transmisi manual atau otomatis.

Di segmen city car berkapasitas mesin 1.000cc hingga 1.200cc, Pilihan di antaranya nya ada Toyota Etios Valco, Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Kia Morning, Kia Picanto, Hyundai Grand i10, Suzuki Celerio 1.000cc, dan Suzuki New Splash 1.200cc.

Di segmen city car, kisaran harganya mulai Rp 140 juta – Rp 185 juta. Kapasitas penumpangnya untuk lima penumpang, dan ada pilihan transmisi manual atau otomatis.

Di segmen small hatchback atau sedan kecil tanpa buntut (baca: kompartemen bagasi) bermesin 1.400cc – 1.500cc, pilihan di antaranya ada Toyota Yaris, Honda Jazz, Nissan March, Suzuki Swift, Kia Rio, Hyundai Grand Avega dan Ford Fiesta.

Di segmen small hatchback, kisaran harganya mulai Rp 150 juta – Rp 250 juta. Kapasitas penumpangnya untuk lima penumpang, dan ada pilihan transmisi manual atau otomatis.

Segmen low MPV di antaranya ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Nissan Grand Livina dan Honda Mobilio. Segmen ini paling diminati di Indonesia, karena merupakan mobil keluarga untuk tujuh penumpang dengan kelas harga paling terjangkau.

Segmen low MPV didukung mesin berkapasitas 1.400cc hingga 1.500cc, dan ada pilihan transmisi manual dan otomatis dengan rentang harga Rp 175 juta – Rp 250 juta.

Berbeda dengan segmen low MPV yang laris manis, segmen low MPV boxy design belum terlalu diminati konsumen. Di segmen ini pemain di antaranya Honda Freed, Nissan Evalia, Daihatsu Luxio dan yang terbaru Toyota Sienta. Rentang harganya antara Rp 200 juta hingga Rp 300 juta.

Di segmen light SUV ada Toyota Rush, Daihatsu Terios, Ford EcoSport dan Honda BR-V. Sementara Di segmen light crossover SUV pilihannya ada Honda HR-V dan Chevrolet Trax. Kedua kelas ini punya rentang harga yang mirip di kisaran Rp 225 juta – Rp 300 juta.

Semoga bermanfaat. (Derry Journey)