Perkuat Hal Ini, Suzuki Tidak Gentar Hadapi Toyota Avanza dan Xenia Baru

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Persaingan di segmen Low MPV makin memanas setelah kehadiran duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Pasalnya selain tidak dikenakan kenaikan harga, dua produk raksasa itu juga dikenakan diskon khusus untuk memikat konsumen.

Hal tersebut membuat pesaing Avanza-Xenia langsung pasang kuda-kuda. Seperti dilakukan PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dengan menambah fitur Mitsubishi Xpander. Lalu bagaimana dengan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang juga punya Low MPV, All New Suzuki Ertiga?

“Kalau Suzuki dengan All New Ertiga menyikapi kehadiran Avanza Xenia baru, kita masih menjalankan program yang ada dan diskon tentu ada tergantung kebijakan masing-masing diler,” buka Harold Donnel, Head of Brand Develpoment and Marketing Research PT SIS.

Menurut Harold, Suzuki lebih mengutamakan pembentukan nilai dan kemudahan bagi konsumen saat hendak meminang Ertiga.

“Kami lebih mengedepankan value yang kami berikan ke konsumen contoh saat konsumen ingin membeli, kami punya berbagai macam leasing terutama Suzuki Finance yang bisa mengakomodir approval lebih mudah juga rate cicilan dan rate instalment yang lebih kecil,” tambahnya lagi.

Tidak hanya itu, Suzuki juga masih percaya layanan gratis jasa service bagi Ertiga. “Dari sisi aftersales kita punya gratis free jasa service dan itu terakomodir di All New Ertiga. Total layanan purnajual kami saat ini sudah punya 303 outlet di Indonesia, artinya keberadaan outlet ini sangat mengakomodir pengguna di wilayah-wilayah terpelosok sekalipun,” tegas Harold lagi.

Fasilitas dan sarana prasarana itulah yang Suzuki utamakan dibanding harus ‘kebakaran jenggot’ atau membanding-bandingkan produk dan layanan untuk meminang konsumen. Dan beruntungnya lagi, Suzuki mengklaim kalau All New Ertiga punya segmennya sendiri.

“Kami punya segmen tersendiri dan setelah kami teliti, para pembeli All New Ertga itu punya uniqueness tersendiri yang istilah kami sebut konservatif modern. Mereka tipikal konsumen konservatif modern memang tidak reaktif terhadap sesuatu. Jadi mereka late responder dan lebih mengedepankan sisi kenyamanan dan keluarga menurut mereka adalah nomer satu,” terang Harold lebih jauh.

Patut dicatat jika sampai saat ini Suzuki masih puas dan bangga akan produk mereka terbaru All New Ertiga, juga dengan peningkatan pelayanan.

“Intinya mobil kami masih bisa offering pelayanan yang paling baik buat keluarga dan hal ini sudah cukup mengakomodir kalau keluarga mereka nyaman di kabin,” tutup Harold.

[MNR]

About pekik udi irianto 1037 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present