PERTAMINA LUBRICANTS LUNCURKAN “ENDURO STUDENT PROGRAM” DI GRESIK DAN LAMONGAN

Foto: Istimewa

GRESIK, AFTERMARKETPLUS – PT Pertamina Lubricants, melalui Production Unit Gresik (PUG), hari ini resmi meluncurkan kegiatan pelatihan dan kewirausahaan bengkel untuk tenaga muda produktif Indonesia di wilayah Gresik dan Lamongan dalam program “Enduro Student Program”.

Peluncuran program ini ditandai dengan pemberian Wearpack Bengkel berlogo Enduro.

Enduro Student Program (ESP) adalah program Creating Shared Value (CSV), bagian dari Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang dirancang oleh PT Pertamina Lubricants dari tahun 2016 dan merupakan rangkaian kegiatan pelatihan dan kewirausahaan mandiri khususnya di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif unggulan.

Ini merupakan ESP yang kedua dimana sebelumnya sudah diluncurkan pertama kali di Cilacap oleh Production Unit Cilacap (PUC).

Mengusung tema “Semangat Membangun Tenaga Muda Produktif Indonesia”, program ESP di Cilacap telah mencetak wirausaha muda baru yang merintis 5 (lima) bengkel baru di Cilacap.

Pada ESP kedua ini diharapkan akan melahirkan kembali bengkel-bengkel mandiri di wilayah Gresik dan Lamongan dan mampu meneruskan semangat belajar dan wirausaha muda.

ESP terdiri dari pelatihan teknik sepeda motor bersama Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) dilanjutkan dengan praktek kerja dan mentorship oleh bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel secara real, lalu siswa akan dibekali dengan pelatihan wirausaha, pelatihan lingkungan dan perencanaan bisnis.

Program ESP ini melibatkan 21 siswa berprestasi lulusan dari 5 (lima) SMK di wilayah Gresik dan Lamongan yang memiliki minat kuat dan memiliki mimpi untuk membangun kemandirian masyarakat melalui usaha bengkel meliputi SMK Islamic Qon Gresik, SMKN 1 Sambeng Lamongan, SMK Islam Tikung Lamongan, SMK PGRI 1 Lamongan dan SMK Muhammadiyah 4 Lamongan.

Yus Ardianto, Manager Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants mengatakan, “Kami melihat betapa suksenya program ESP di Cilacap dan ini harus kami aplikasikan di wilayah Gresik dan Lamongan. Kami melihat potensinya sangat baik disini. Kami sangat bangga dan berterimakasih sekali kepada berbagai mitra, termasuk pemerintah setempat, BLKI Lamongan, dan juga bengkel-bengkel mitra kami yang telah sama-sama ingin menyukseskan program ini dan melahirkan generasi baru di bidang perbengkelan.”

Program berkelanjutan ini diharapan dapat menumbuhkan usaha perbengkelan diwilayah Gresik dan Lamongan menjadi lebih baik dan sejahtera dan juga turut membangun semangat jiwa muda Indonesia untuk terus bekerja keras dan bersemangat tinggi.

Kedepannya, program ini akan dilanjutkan dan direplikasi ke wilayah pabrik PT Pertamina Lubricants lainnya dan juga di wilayah Sales Region Pertamina Lubricants seluruh Indonesia. [WAP]