Pilihan Mobil Keluarga Bermesin Diesel, KIA Grand Sedona Patut Dipertimbangkan

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – KIA telah merilis Grand Sedona bermesin diesel dengan harga Rp 595 juta (OTR Jakarta). Dengan kapasitas hingga 11 orang, membuat KIA Grand Sedona patut dipertimbangkan untuk dimiliki.

Tapi, siapa saja sih yang menawarkan mobil keluarga dengan daya angkut 7 orang atau lebih dengan mesin diesel di Indonesia?

INT

“Dari market mobil 7 seaters bermesin diesel, KIA Grand Sedona Diesel akan bertemu dengan 3 produk terbesar yakni Toyota Kijang Innova dan selebihnya berasal dari genre SUV seperti Toyota Fortuner dan Pajero Sport. Selebihnya Hyundai H-1, Isuzu MU-X dan lainnya, tidak lebih dari 1%, terang Harry Yanto selaku GM Businees Development PT KIA Mobil Indonesia saat peluncuran Grand Sedona Diesel (18/7).

Harry pun menambahkan bahwa pasar diesel high di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Sejak 2005 dengan total penjualan 35.268 unit, di tahun 2017 lalu mencapai 72.164 unit. Atas dasar itulah, Grand Sedona Diesel akhirnya dirilis KIA untuk pasar Indonesia.

Tapi… seluruh pesaing KIA Grand Sedona Diesel ini masih mengadopsi sasis tangga (leadder frame). Dimana sasis ini lebih berorientasi terhadap kekuatan menahan bobot untuk keperluan niaga. Sedangkan mobil penumpang, lebih sesuai menggunakan sasis monokok karena mengedepankan kenyamanan.

Dengan penerapan sasis monokok, membuat kontruksi untuk faktor keselamatan dapat dirancang lebih optimal. Tak heran jika KIA Grand Sedona mampu lolos dalan uji tabrak 1/4 bodi dan terbalik dengan hasil ‘Good’, lantaran menerapkan AHSS (Advance High Strength Steel) dan HSS (Hot Stamp Steel).

Dengan teknologi ini, area penumpang menjadi lebih terlindungi saat mendapat tumbukan dari depan, belakang dan atas sekalipun. Apalagi penerapan 6 airbags kian melindungi cidera parah untuk seluruh penumpang, meski konsekuensinya, bobot kendaraan mencapai 2,4 ton.

MESS

Mesin diesel yang digunakan pun telah berteknologi canggih. Meski kapasitasnya hanya 2.199 cc 4-silinder, namun penerapan Variable Geometri Turbo (VGT) sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 200 PS dan torsi maksimal sebesar 441,3 Nm telah diraih sejak 1.750 rpm.

Untuk mentransfer tenaga dan torsi yang besar ke roda depan (FWD), membuat engineer KIA lebih mempercayakan transmisi otomatis yang masih mengadopsi gear ketimbang belt. Tapi rasio gir yang tersedia mencapai 8-speed sob! Setara dengan Mitsubishi Pajero Sport lho!

Dengan daya angkut hingga 11 orang, penerapan pintu geser sehingga lebih praktis, sasis monokok dengan tingkat keamanan tinggi serta mesin diesel bertenaga, tentu tak salah jika konsumen perlu mempertimbangkan KIA Grand Sedona untuk dimiliki sebagai sebuah mobil keluarga di Indonesia. Apalagi KIA memberikan garansi hingga 5 tahun tanpa batas kilometer.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 137 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )